WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

2.000 Pengunjung Menyambangi Masjid Termegah di Asia Tenggara

“Masjid Agung Madani Islamic Center Pasir Pangarai, Rokan Hulu, Riau”
Masjid Agung Madani Islamic Center Pasir Pangaraian, Rokan Hulu
RIAU, JMI -- Masjid Agung Madani Islamic Center Pasir Pangaraian, Rokan Hulu, adalah Masjid termegah di Asia Tenggara. Masjid ini dinobatkan sebagai Masjid Percontohan Paripurna Terbaik se-Indonesia.

Masjid Agung Madani ditetapkan sebagai objek wisata religius, kunjungan ke masjid termegah penuh pesona tersebut terus meningkat.

Mesjid Agung Madani Islamic Center Pasir Pangaraian, mampu menampung sekitar 10.000 jemaah, rata-rata 1.000 pengunjung hingga 2.500 pengunjung per hari pada hari lebaran Idul Fitri 1440 H.

Jumlah kunjungan akan meningkat terus, pada hari libur lebaran dan hari libur nasional. Seperti pada Sabtu dan Minggu, 8 - 9 Juni 2019 lebih dari 2.000 pengunjung menyambangi masjid megah tersebut, Minggu (9/6/19).

Umumnya, mereka datang untuk melaksanakan ibadah salat lima waktu, serta kegiatan lainnya.

Masjid ini berada di lahan seluas 22 hektare dengan luas bangunan mencapai 15.800 meter persegi.

Dilengkapi dengan kubah masjid berdiameter 25 meter dan tinggi 55 meter, empat menara dengan tinggi masing-masing 66,66 meter, dan menara utama setinggi 99 meter, Masjid Agung Madani menjadi masjid termegah kebanggaan masyarakat Riau.
Masjid indah dan rapi penuh seni ini, merupakan masjid yang di desain seperti Masjid Nabawi di Madinah.

Masjid Agung yang telah menjadi ikon kabupaten berjuluk Negeri Seribu Suluk ini telah meningkatkan fungsi masjid yang tidak hanya sebagai tempat melaksanakan ibadah salat.

Di Masjid Agung Islamic Center juga memiliki Madani Mart, Menara 99 Asmaul Husna, Studio Foto, Madani Muslim Store, fitness center, klinik psikiatri, konseling pernikahan, coffee shop, juga memiliki convention yang bisa disewakan untuk berbagai kegiatan pemerintahan, pernikahan serta kegiatan organisasi lainnya.

Pemerintah kabupaten/kota baik tetangga atau dari provinsi luar Riau sering berkunjung untuk studi banding.

Salah satu pengunjung sempat JMI wawancarai, Fatah Hidayat asal Lampung menuturkan bahwa, "Sebagai umat muslim Indonesia saya sangat bangga, karena di tanah melayu Riau ini, kita bisa melaksanakan sholat lima waktu seperti sholat di Masjid Nabawi Madinah”.

"Kita umat muslim, wajib menjaga dan merawat Masjid tersebut," Tambahnya.

Diharapkan, Masjid Agung selain megah juga berfungsi memberikan pendidikan agama ke anak-anak, baik terkait bacaan Alquran maupun ibadah lainnya.

Faisal 6444/RED/JMI
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

*Keluarga Besar Pon Pes Daarul Anshor Paku Haji, Anjangsana Ke Cucu Pejuang NU di Buntet Cirebon

Cirebon, JMI - Keluarga Besar Pon Pes Daarul Anshor Pakuhaji, Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati, karena ziarah ke makam Wali All...