WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Mohamad Nasir Berharap Indonesia Jadi Produsen Robot

Menristekdikti Mohamad Nasir
JAKARTA, JMI -- Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir berharap Indonesia bisa menjadi negara produsen robot, bukan hanya menjadi negara pengguna robot. Harapan tersebut disampaikan Menristekdikti saat memberikan sambutan pada peresmian Laboratorium Riset Kecerdasan Buatan & Pusat Inovasi ITB-Bukalapak, di Aula Barat Kampus ITB, Kota Bandung, Jumat (1/2).

"Nanti sejumlah pekerjaan akan digantikan oleh robot, mudah-mudahan kita tidak hanya menjadi operator, tapi bisa menjadi produsen robot," katanya.

Pada kesempatan tersebut Menristekdikti memberikan apresiasi terhadap kerja sama antara Bukalapak dengan ITB dalam berkontribusi untuk kemajuan teknologi. "Kita harus berinovasi, inovasi yang cepat dengan mengikuti kemajuan zaman," ujar Nasir.

Selain itu, Menristekdikti juga memberikan data dari suatu lembaga riset yang menyebutkan bahwa tahun 2030 di sejumlah negara maju, pekerjaan akan diganti oleh robot atau otomasi. Dia mengharapkan ke depannya mahasiswa bukan hanya dirancang untuk bekerja pada bidangnya.

"Mudah-mudahan bisa menjadi talenta digital dan bisa membuat start up (perusahaan rintisan) baru di indonesia," kata dia.

Usai memberikan sambutan, Menristekdikti juga memberikan hadiah lima mahasiwa yang berprestasi di ITB masing-masing sebuah laptop.

RPB
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Semangat Warga Desa Ketro Dalam Prioritas Memenangkan Bambang Catur Dipilkada Grobogan 2024

GROBOGAN, JMI - calon Wakil Bupati Grobogan Periode 2024-2029 H.Catur Sugeng Susanto,SH.MH.M.S.C mendapat dukungan prioritas dar...