WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Rencana Kenaikan Gaji Guru Honorer Minimal UMR Sedang Difinalisasi

JAKARTA, JMI -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengusulkan guru honorer mendapat gaji minimal setara UMR. Usulan tersebut disampaikan ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Usulan tersebut telah ditindaklanjuti dan dibahas antar kementerian. Hal itu dibahas di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Dirjen Anggaran Kemenkeu Askolani mengatakan, rencana kebijakan tersebut saat ini dalam tahap finalisasi. Finalisasi tersebut dilakukan melalui Menteri Koordinator (Menko) PMK Puan Maharani.

"Masih difinalisasi di Menko PMK," kata Askolani saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Senin (28/1/2019).

Lanjut dia, hal tersebut juga sekaligus memfinalisasi kebutuhan anggaran- untuk menggaji guru minimal UMR. Namun dia belum menyebutkan berapa kebutuhan anggarannya.

"Ya hal itu dilihat sekaligus, tidak bisa sepotong-sepotong," sebutnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, sebelumnya menerangkan, pemerintah akan membuka seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada pekan pertama Februari 2018. Itu dibuka untuk guru honorer.
 
Namun tidak semua guru honorer bisa terangkul melalui skema PPPK. Sisanya nanti akan diberikan kelayakan gaji yang mengikuti standar UMR.

"Itu yang kita usulkan kepada bu menteri keuangan agar nanti mereka bisa dipastikan mendapatkan minimum upah minimum regional/UMR di masing masing daerah," kata dia ditemui di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, 23 Januari 2019.

DTK
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Deklarasi Batur,e Pakdhe Air Siap Dukung Dan Menangkan Paslon Nomor 02 Bambang Catur Dalam Pilkada Grobogan

GROBOGAN, JMI - Kurang lebih sekitar 700 Santri yang terdiri dari berbagai unsur dan elemen baik Guru Ngaji,kyai, ustazah,Hafids...