WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kades Sukosari Siap Lanjutkan Pembangunan serta Jadikan Desa Wisata, Maju & Mandiri

Purnaji, Kades Sukosari, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto Jawa Timur
MOJOKERTO, JMI -- Purnaji, Kepala Desa (Kades) Sukosari, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, mengaku siap melanjutkan pembangunan dan siap menjadikan desanya menjadi desa Wisata, Maju dan Mandiri. Dengan pemerataan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, Purnaji berhasil menjadikan Desa Sukosari, menjadi desa yang masuk dalam kategori Desa Swakarya. Keberhasilan ini, tidak lepas dari bukti pengabdian, kepedulian dan kerja keras serta peran serta masyarakat.

Semangat pengabdian dan kepedulian kepada masyarakat tetap tinggi. Membangun desa dan berusaha mensejahterakan warganya selalu menjadi impian yang harus menjadi kenyataan. Meski jabatannya tinggal beberapa bulan, pelayanan masyarakat tetap tidak kenal waktu, semua menjadi prioritas dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang Kepala Desa.

"Pengabdian dan keikhlasan serta pelayanan maksimal menjadi tujuan utama dalam menjalankan tugas sebagai Kades," kata Purnaji, saat ditemui JMI di kantornya.

Pemerataan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang sudah dilakukan selama menjabat dua periode adalah, Pembangunan Tembok Penahanan Tanah (TPT), Peningkatan semua Jalan Lingkungan dengan rabat beton, Pembuatan Jalan Lingkungan dan jembatan, Pembangunan Gedung Balai Desa, Pelebaran Jalan beserta Tembok Penahanan Tanah nya dan masih banyak lagi pembangunan yang sudah dinikmati masyarakat. Dan sekarang ini sedang dalam pengembangan BUMDes ( Badan Usaha Milik Desa) dan Pasar wisata. Sebuah usaha yang melibatkan semua unsur masyarakat setempat.

Apa yang dilakukan Purnaji merupakan bukti nyata yang diberikan kepada warga masyarakat dan lingkungannya. Dan ini tidak lepas dari dukungan Perangkat Desa serta elemen masyarakat, seperti Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), PKK, Karang Taruna (Kartar), RT, RW, Tokoh Masyarakat (Tokmas) dan Tokoh Agama.

Transparansi atau keterbukaan terkait pengelolaan keuangan desa, seperti Anggaran Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD) dan semua bantuan keuangan, baik dari Pemerintah Kabupaten, Provinsi maupun Pusat, selalu dilakukan dengan musyawarah yang dikemas dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Dusun (Musrenbangdus) yang kemudian dibawa ke Musyawarah Rencana Pembangunan Desa( Musrenbangdes). Sehingga apa yang dilakukan oleh Purnaji bersama jajarannya merupakan hasil musyawarah bersama masyarakat.

Hampir Sembilan Puluh persen, masyarakat Desa Sukosari, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto masih menghendaki Purnaji, untuk mencalonkan kembali menjadi Kepala Desa periode selanjutnya pada Tahun 2019 mendatang. Mereka beralasan, apa yang dilakukan oleh Purnaji bukan janji tapi bukti.

Sebagai Desa Swakarya dan dengan Program Desa Membangun, Kades bertekad akan menjadikan Desa Sukosari menjadi Desa wisata, Maju dan Mandiri. Disampingnya itu, kades bersama perangkat dan masyarakat selalu menjaga kearifan budaya leluhur, dengan cara uri-uri sejarah Jawa, seperti Sedekah Desa, setiap satu tahun sekali dan merawat Punden Desa.
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Seru!!! Liga 2 Persikas VS Persekat , Skor kejar-kejaran persekat Unggul 3-4

SUBANG, JMI - Persikas Subang menghadapi Persekat Tegal sebagai tuan rumah dalam lanjutan pertandingan Pegadaian Liga 2 Sangat s...