WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Desa Panikel Sampai Kec.Kampung Laut Kab.Cilacap sudah 70 Th Masih Tertinggal

Kepala Desa Panikel Bpk Sumaryo
CILACAP, JMI -- Pembangunan jalan yang layak di 3 desa dari pihak pemerintah diduga tidak mendapatkan respon yang serius, itu terlihat masih 1 jalur dari 3 desa 2 Kecamatan yang rencana jarak tempuh 18 km yang akan dibangun baru 300 meter yang dibangun. Rabat beton 1000 meter di wilayah Kecamatan Bantarsari Desa Utama tertinggal dari Ujunggagak, Panikel. 

Kepala Desa Panikel Bpk Sumaryo yang baru menjabat 8 bulan sudah bisa melaksanakan pengerasan jalan dengan batu capluk dan rabat beton sepanjang 300 m di tahun 2018. Adapun dana yang direalisasikan ke Desa Panikel masyarakat sudah bisa merasakan dari sebelumnya. 

Kades Sumaryo sangat prihatin dengan masih tertinggalnya 50% sederhana kehidupan masyarakat 75% petani sawah 10% nelayan, 10% pedagang 5% pegawai di instansi yang masih tergolong rendah. Untuk lahan tanah sangat berpotensi tanah organik subur alami, 25 tahun menormalisasi hasil kiriman waled/ lumpur yang menjadi pupuk alami dari pihak swasta yang peduli untuk membantu desa masyarakat Panikel di lahan persawahan yang sebelumnya tidak dapat ditanam. 

Kehidupan nelayan sekarang sudah berbeda dan dapat menikmati hasil pertanian padi mereka. Kades terus memperjuangkan untuk kepentingan masyarakat desa Panikel yang akan menyulap menjadi lumbung pangan di bidang pertanian dan untuk para nelayan masih tinggal 3% sudah diambil alih ke pertanian.

Selain itu Kades Panikel sangat gigih untuk memperdayakan kesehatan, memperdayakan masyarakat untuk bisa memahami tentang aturan tata cara kehidupan  berupa agama, hukum, dan tata negara. Namun semua itu tidak bisa dikerjakan sendiri untuk itu kepala desa sangat membutuhkan kebersamaan tokoh masyarakat dan perangkat desa lainnya.

M. Sumanto Bmy/JMI/red
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Resmi Viktor Wirabuana di Lantik sebagai Pimpinan DPRD Kab. Subang 2024-2029, Pj. Bupati Yakin DPRD Subang Mampu Ciptakan Situasi yang Kondusif

Subang, JMI - Penjabat (Pj.) Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd Menghadiri Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Kab. S...