WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Upacara HUT TNI yang Ke - 73 di Lapangan Alun - Alun Subang Sangat Meriah

SUBANG, JMI - Dalam rangka pelaksanaan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-73 tahun 2018 tingkat Kabupaten Subang laksanakan upacara peringatan HUT TNI ke-73 dan pameran alutsista TNI di alaun-alun Kabupaten Subang. Jum’at (5/10/18).

Bertindak selaku inspektur upacara Marsma TNI T. Sembiring Meliala yang membacakan sambutan. Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P memanjatkan doa bagi korban gempa dan tsunami di Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong serta korban gempa di Lombok. TNI bersama-sama berbagai komponen bangsa lainnya telah bekerja bahu membahu sekuat tenaga meringankan beban yang diderita para korban. TNI telah mengerahkan personel dan alutsistanya untuk memberikan pertolongan pertama, melaksanakan evaluasi, menyalurkan bantuan, memberikan pengamanan serta memulihkan sarana dan prasarana secara bertahap.

Apa yang dilaksanakan dilokasi bencana, baik pengerahan personil maupun alutsita adalah sebagaian dari bentuk profesionalisme TNI. Oleh karenanya sangat tepat apabila peringatan HUT TNI ke-73 tahun 2018 mengambil tema “profesionalisme TNI untuk rakyat”. Tema singkat namun padat tersebut mengandung makna bahwa TNI yang senantiasa ditingkatkan profesionalisme melalui berbagai pendidikan, latihan, persenjataan, alutsista serta dipenuhi kesejahteraannya oleh seluruh negara adalah semata-mata untuk seluruh rakyat Indonesia.

Profesionalisme TNI diwujudkan dalam pelaksanaan operasi dan kegiatan-kegiatan serta latihan TNI dalam rangka menjalankan tugas pokok yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala macam ancaman dan gangguan.

Tugas lain TNI adalah membantu pemerintah dalam mengatasi aksi terorisme, penegakan hukum dilaut, pengamanan wilayah udara serta terlibat dalam pengamanan event-event strategis nasional dan internasional.

Dalam sambutan panglima TNI memberikan penekanan-penekanan kepada seluruh prajurit TNI untuk dipedomani dan melaksanakan memperkokoh iman dan taqwa, pertahanan dan tingkatkan solidaritas TNI serta memanunggalan TNI dengan rakyat, tingkatkan kewaspadaan dan profesionalisme, mantapkan netralitas TNI baik sebagai individu maupun satuan dan jalanilah setiap tugas secara ikhlas.

Berbagai rangkaian kegiatan dalam peringatan HUT TNI ke-73 diantaranya pameran alutsista yang akan dilaksanakan dari tanggal 5 – 7 Oktober 2018 dan penampilan atraksi bela diri militer, demo pembebasan sandera dan pasukan paskibra yang melibatkan unsur TNI dan anak sekolah.

Dalam upacara puncak HUT TNI ke-73 sangat meriah dan ramai disaksikan oleh ribuan anak sekolah dan masyarakat untuk menyaksikan upacara dan berbagai pertunjukan yang dilakukan oleh para anggota TNI, dan yang paling menarik perhatian penonton disaat Ketua DPRD Kabupaten Subang Ir. Beni Rudiono disandera oleh segerombolan teroris dengan memakai senjata api dalam demo simulasi sandera.

Tambahan komentar dari dandim 0605 Subang, Dalam komentarnya DANDIM 0605 SUBANG LETKOL INF. FIKRI FERDIAN, TUJUAN DARI PAMERAN ALUTSISTA ini adalah sebagai pertanggungjawaban TNI kepada rakyat, kita semua tahu bahwa kekuatan ALUTSISTA yang di miliki seluruh nya oleh TNI berasal dari rakyat, jadi salah satu kegiatan dalam mengisi perayaan hari ulang tahun TNI yang ke - 73 menunjukkan kepada masyarakat apa saja yang di miliki oleh TNI dari uang yang di bayarkan melalui pajak masyarakat, kemudian sesuai dengan tema peringatan tahun ini sesuai dengan profesionalisme TNI untuk rakyat. 
Jadi TNI di masa damai harus bermanfaat untuk masyarakat, profesionalisme TNI harus bisa di gunakan di masa damai ini, banyak hal yang bisa di lakukan TNI contoh nya tadi yang telah di sampaikan oleh Danlanud, kita ikut membantu pemerintah daerah dimana hal tanggap bencana alam di Daerah Palu dan Donggala yang beberapa waktu lalu telah menimpa sodara - sodara kita disana, semuanya menunjukkan profesionalisme TNI itu semua akan bermanfaat di masa damai dan semua itu didedikasikan untuk masyarakat Indonesia, dan peserta pamer yang mengikuti pameran ALUTSISTA peserta seluruh nya dari seluruh satuan TNI yang berada di Kabupaten Subang, di antaranya LANUD SURYA DARMA ALI, KODIM 0605 SUBANG, BATALION INFANTERI 312 KALA HITAM SUBANG, serta pangkalan angkatan laut yang sudah ada pos nya di Subang.

agus hamdan/jmi/red
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Purnawiran Polri Sekabupaten Grobogan Siap Dukung Dan Menangkan Bambang Catur Dalam Kontestasi Pilkada 2024

GROBOGAN, JMI - pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Grobogan dr.H,Bambang Pujiyanto M,Kes bersama H,Catur Sugeng Susanto SH,M...