WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pipa Siluman Pembuangan Limbah diduga milik PT. CITRA RIAU SARANA Ditemukan di Lahan Masyarakat Muara Langsat Menuju Sungai Langsat / Tesso

SENTAJO RAYA, JMI – Selama ini masyarakat dan Pemerintah Daerah Kuantan Singingi khusus nya Dinas Lingkungan Hidup diduga telah di kelabui oleh PT. Citra Riau Sarana yang mana pipa siluman pembuangan limbah PKS Tesso II ini diduga sering membuang limbah mereka ke aliran Sungai Langsat yang bertepat di desa Muara Langsat. Seperti narasumber mengatakan kepada wartawan Koran JMI yang bertugas dilapangan bahwasannya disaat hujan deras dan aliran sungai Langsat /Tesso ini banjir menjadi kesempatan bagi perusahaan untuk mengalirkan dan atau membuang limbah mereka ke sungai Ini mereka lakukan terus diatas pukul 22:00 Wib waktu setempat.

Mahluk hidup yang berada disekitar sungai Langsat tersebut akan banyak yang mati dan buaya-buaya akan keluar dari sarang mereka. Jika arus tidak banjir pihak perusahaan membuang limbah mereka dengan cara mengalirkan ke lahan-lahan orang tertentu yang menggunakan saluran pipa nya dengan menggali di Jl. Poros Pemda tepatnya di desa muara langsat. Sementara pihak perusahaan ini membuat saluran pipa tanpa ada konfirmasi dengan masyarakat setempat dan Pemerintah Daerah ke Kabupaten Kuatan Singingi.

Ini sungguh tidak dibenarkan, demi kepentingan sendiri PT.Citra Riau Sarana bertindak dan berbuat sesuka hatinya saja ungkap Narasumber yang dapat dipercaya. Lahan masyarakat tersebut menjadi rusak dan terjadi longsor di sekitar aliran Pipa Siluman tersebut. Saluran pipa Limbah yang dialirkan sering mengalami kebocoran di beberapa titik. Setiap ada kebocoran selalu membuat keresahan dan pertikaian antara masyarakat dengan perusahaan. Diharapkan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi khususnya Dinas Lingkungan Hidup bertindak tegas dalam hal ini. Kalau tidak ini akan berlarut-larut dan akan semakin banyaknya perusahaan-perusahaan Pabrik Kelapa Sawit yang akan mengikuti jejak PT.Citra Riau Sarana tersebut.

Saat ini, suasana Desa Muara Langsat tidak seperti beberapa tahun silam, yang bebas dari Hama Lalat yang begitu banyak disetiap rumah penduduk sekitar lokasi Pabrik Kelapa sawit. Ini tidak asing lagi seperti waktu tim Koran JMI meninjau kelapangan.ini juga dibenarkan oleh beberapa tokoh masyarakat Desa Muara Langsat dan Desa Sukaraja. Tetapi mau diapakan lagi, Perusahaan berkuasa dan dilindungi oleh oknum-oknum tertentu yang berkepentingan ujar nya. Apa tindakan yang akan diambil oleh Pemerintah kita ? Baik di Daerah maupun tingkat Provinsi. 

TEAM RIAU/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Launching Air Minum Dalam Kemasan Produk PDAM Tirta Rangga Subang Dihadiri Pj.Bupati Subang

Subang, JMI - Penjabat (Pj.) Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.cd Menghadiri Grand Launching Produk Air Minum Dalam Kemas...