WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pesta Rakyat dalam ajang Pacu Jalur di Kabupaten Kuantan Singingi Berlangsung Meriah


Bertempatan di Kecamatan Pangean Desa Marabunta

PANGEAN KUANSING, JMI – Memang sudah tradisi bagi masyarakat Kuantan Singingi melaksanakan acara ini. Setiap tahunnya di mulai dari bulan Juli sampai dengan Agustus untuk mengadakan perlombaan Pacu Jalur atau Pacu Perahu ini. Seperti yang di ungkapkan oleh Bapak Sarkawi selaku panitia dan tokoh masyarakat salah satu desa di Kecamatan Pangean ini bahwasannya ini adalah adat dan tradisi masyarakat di Kabupaten Kuantan Singingi. 

"Selain untuk melaksanakan acara adat ini, juga untuk menyambut Hut Kemerdekaan Republik Indonesia yang kita cintai ini serta memperingati dimana para pendahulu dan pejuang kita untuk membela bangsa ini," Ungkap Sarkawi.

Acara ini berlangsung meriah dan di hadiri oleh pejabat pemerintah daerah Kuantan Singingi serta Camat Pangean beserta jajarannya, Polisi Sektor Pangean beserta anggotanya, serta tokoh-tokoh dan pemuka masyarakat dan hampir seluruh masyarakat Kuantan Singingi meramaikan berlangsungnya acara ini.

Dalam acara ajang Pacu Jalur ini berlangsung dengan tertib dan damai, disamping itu masyarakatnya juga sangat mendukung agar acara ajang Pacu Jalur ini terlaksana dengan meriah tanpa ada sedikit pun untuk merusak Tradisi dan Budaya Negeri Kuatan Singingi. Ditambah lagi hadiah yang akan didapat oleh pesrta lomba didukung oleh donatur-donatur, baik itu dari Pemerintahan Daerah Kuantan Singingi maupun dari pihak Perusahaan Swasta yang ada dikawasan Kabupaten KuantanSingingi.

Semoga kebudayaan yang diwariskan oleh nenek moyang kita ini dapat terjaga dan menjadi suatukebanggaan bagi Bangsa dan Negara ini ungkap Sarkawi selaku Panitia dan donatur salah satu agar terlaksanakannya acara ajang Pacu Jalur di Kecamatan Pangean ini. 

TEAM RIAU/ERIKA/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

*Keluarga Besar Pon Pes Daarul Anshor Paku Haji, Anjangsana Ke Cucu Pejuang NU di Buntet Cirebon

Cirebon, JMI - Keluarga Besar Pon Pes Daarul Anshor Pakuhaji, Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati, karena ziarah ke makam Wali All...