WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Jelang HUT Jakarta, Anies Tabur Bunga di TMP Kalibata

Gubernur DKI Anies Baswedan berziarah ke makam tokoh Jakarta di TMP Kalibata.
JAKARTA, JMI -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makan Pahlawan (TMP) Kalibata dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke-491.

Anies mengatakan ziarah dan tabur bunga tersebut dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap mereka yang telah memberikan kontribusi dalam memimpin dan membangun Jakarta.

"Banyak dari mantan walikota dan mantan gubernur Jakarta yang tempat peristirahatan terakhirnya di taman makam pahlawan ini," kata Anies di TMP Kalibata, Jumat (8/9).

Kepada jajaran Pemprov DKI, Anies berpesan bahwa ziarah di TMP Kalibata kali ini bukan hanya memberikan penghormatan. Tetapi, juga sebagai pengingat bagi jajaran Pemprov DKI untuk bisa melakukan seperti para pendahulunya.

"Mereka yang berada di tempat ini sudah menghibahkan begitu banyak, semoga kami semua bisa meneruskan tradisi untuk berjuang dan menghibahkan apa yang dierima dari Indonesia untuk Jakarta," tuturnya.

Dalam acara ziarah tersebut, Anies berkeliling ke sejumlah makam untuk melakukan tabur bunga, antara lain ke makam R.H. Wiyogo, Sudiro Hardjodisastro, Djailani, serta Suwiryo.

Selain tokoh-tokoh Jakarta, Anies juga sempat menyambangi beberapa makam pahlawan revolusi. Di antaranya Sutojo Siswomihardjo, S. Parman, MT Haryono, Ahmad Yani, dan Suprapto.

Saat melakukan tabur bunga, Anies terlihat sempat menghitung usia dari tokoh tersebut. Anies mengungkapkan memang dirinya kerap menghitung usia saat berkunjung ke makam seseorang.

"Saya selalu perhatikan usia-usia mereka tiap kali datang ke taman makam pahlawan, saya lihat durasi hidupnya, berapa lama hidupnya di alam ini dan apa yang dikontribusikan," ujar Anies.

Saat di makam pahlawan revolusi, misalnya, Anies menyebut para pahlawan itu telah berani membuat keputusan besar meski berusia muda.

Menurutnya, hal itu bisa menjadi pengingat kepada siapa saja bahwa untuk menjadi berjasa tidak perlu harus berusia tua, tetapi bisa dilakukan saat masih berusia muda.

"Untuk bisa berjasa dan bermakna tak harus selalu berusia tua usia, muda pun mereka bisa bermakna dan berjasa dan mengambil keputusan-keputusan yang berat," ucap Anies. (wis)
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Pasangan No 02 Karna - Koko Komitmen Benahi Alun - Alun Jatiwangi Dan Masjid Al-Hurriyah

MAJALENGKA, JMI - Sebagai wujud kepedulian kepada Masyarakat Majalengka Paslon no urut 02 Karna - Koko berjanji akan membenahi s...