WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pembangunan Infrastruktur Kabupaten Berau Terus di Kembangkan

Ilustrasi Pembangunan
BERAU, JMI - Kabupaten Berau jauh lebih berkembang dari pada sebelumnya. Peningkatan pembangunan dan penggembangan Kabupaten Kota disusun oleh pemerintah Daerah masing-masing sehingga dilihat tertata lebih maju.

Masyarakat juga tentu akan menilai kinerja Kepala Daerah selama menjabat. Sebagai Kepala
Daerah tentu mengambil langkah yang bijak untuk mengelola anggaran salah satu diantaranya, seperti jalan APT. Pranoto yang saat ini masih dalam pembungan oleh pemerintah, anggaran di duga dari APBD/APBN.

Pengertian APBN & APBD, Fungsi, Tujuan & Proses Penyusunannya APBN, atau Anggaran

Pendapatan dan Belanja Negara adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan negara yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Sedangkan APBD atau Anggaran Penerimaan dan Pengeluaran Belanja Daerah adalah rencana keuangan tahunan Pemerintah Daerah yang disetujui oleh DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah). Anggaran baik APBN maupun APBD berupa daftar rincian penerimaan dan pengeluaran untuk jangka waktu tertentu yang biasanya satu tahun.

Cerdas Waraga APT. PRANOTO menggungkapkan baru-baru ini 16/05/2018 kepada jurnal media
indonesia ( JMI ) yang engan namanya ditulis saat dikonfirmasi. Menurutnya Bahwa Anggaran terdiri dari penerimaan dan pengeluaran. Penerimaan negara berupa pendapatan dan hibah yang terdiri dari
penerimaan pajak dan bukan pajak, serta penerimaan hibah dari dalam dan luar negeri. Sedangkan
penerimaan pajak terdiri dari pajak dalam negeri dan pajak luar negeri. Sedangkan penerimaan bukan
pajak terdiri dari penerimaan sumber daya alam, laba dari BUMN atau BUMD, penerimaan lainnya serta pendapatan Badan Layanan Umum (BLU). Pengeluaran negara terdiri dari pembiayaan dan belanja pemerintah. Pembiayaan negara berupa, pembiayaan dalam negeri dan pembiayaan luar negeri.

Adapun belanja negara meliputi belanja pemerintah pusat dan belanja daerah, tuturnya". Dilanjutnya.
Kami sebagai warga berau juga turut mendukung perkembangan infra struktur pembangunan, adanya
giat pemerintah membangun, Untuk itu kami sebagai warga negara sekaligus masyarakat berau
menjamin akan ada kemajuan Kabupaten Berau kedepannya. Dan bukan haya itu. Pemerintah juga
memperhatikan Lampu penerangan jalan dan Air. Pungkasnya.

Pada awalnya anggaran disebut dengan istilah begrooting. Namun sejak proklamasi pada tanggal 17
Agustus 1945, istilah tersebut diganti dengan istilah “Anggaran Pendapatan dan Belanja” yang dipakai resmi dalam pasal 23 ayat 1 UUD 1945, lalu ditambahkan kata “Negara” dibelakangnya sehingga menjadi “Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara” seperti saat sekarang.

Tujuan Penyusunan APBN/APBD. APABN disusun sebagai pedoman pemerintah dalam menggunakan dana yang didapat dari penerimaan yang dianggarkan dalam melaksanakan kegiatan operasional negara dan pembangunan. APBN menjadi pedoman yang diharapkan dapat menghindarkan penyelewengan dan pemborosan. Sementara APBD bertujuan sebagai pedoman penerimaan serta pengeluaran dalam melaksanakan kegiatan daerah untuk meningkatkan produksi dan kesempatan kerja, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran bagi masyarakat daerah.

BST/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Wujudkan Program Kartu Bagja Raharja, H Sutrisno Ajak Warga Panongan Coblos No 02 Karna - Koko

MAJALENGKA, JMI - Calon Bupati Majalengka H Karna Sobahi berjanji akan memberdayakan perempuan melalui Majelis Taklim, hal terse...