WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Paling Efisien di Dunia, Ini Keunggulan Terminal BBM Plumpang Pertamina

Plumpang Milik Pertamina
JAKARTA, JMI - Terminal Bahan Bakar Minyak Plumpang atau Terminal BBM Plumpang milik PT Pertamina (Persero) menduduki peringkat terbaik ke-2 di dunia sebagai salah satu tangki penyimpanan BBM terefisien di dunia. Predikat ini disematkan dalam ajang penghargaan 2nd Global Tank Storage Award 2018.

Posisi puncak di tempati Saudi Aramco Terminals dalam kategori The Most Efficient Storage Terminal. Global Tank Storage Awards adalah ajang prestisius di industri Unit Penyimpanan (Storage and Terminal) yang diadakan oleh majalah Tank Storage di Rotterdam.

Penghargaan bertujuan sebagai apresiasi terhadap perusahaan maupun individu yang berkecimpung di industri hilir minyak dan gas seluruh dunia yang memiliki operasional terminal, safety, dan inovasi excellent.

Dalam publikasi Global Tank Storage, Terminal BBM Plumpang dinilai sebagai terminal BBM terpenting di Indonesia. Hal ini karena Plumpang mensuplai ke sekitar 20 persen kebutuhan BBM harian di Indonesia, atau ke sekitar 25 persen dari total kebutuhan SPBU Pertamina. Thruput BBM rata-rata sebesar 16.504 Kiloliter (Kl) per hari dan wilayah distribusi utamanya meliputi Jabodetabek.

"Diharapkan, dengan kehandalan eksisting Terminal BBM Plumpang, dilengkapi dengan implementasi baru Vapour Recovery Unit (VRU), terminal ini menjadi lebih aman dan peduli terhadap lingkungan," jelas Direktur Logistik, Supply Chain, dan Infrastruktur Pertamina Gandhi Sriwidodo dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Beroperasi mulai 1974, Terminal BBM Plumpang memiliki kapasitas tangki timbun sebesar 291.889 Kl. Saat ini Terminal BBM Plumpang menyalurkan produk dengan varian yang sangat lengkap, yaitu Premium, Bio Solar, Dex, Dexlite, Pertamax, Pertalite, dan Pertamax Turbo, melalui Terminal Automation System (TAS) berkelas dunia yang biasa disebut New Gantry System ke kompartemen 249 unit mobil tangki.

Dibandingkan era sebelumnya, pengadopsian teknologi terbaru pada New Gantry System sejak 2010 memiliki keunggulan:

• Waktu pengisian BBM yang lebih cepat, di mana mengalami peningkatan flowrate pengisian BBM dari 800 sampai dengan 1.000 liter per menit menjadi 2.200 liter per menit sehingga jumlah flowmeter yang dioperasikan berkurang dari 74 unit menjadi 39 unit atau turun 48 persen.

• Memiliki bangsal pengisian yang compact dan multiproduk sehingga dapat melayani pengisian mobil tangki untuk beberapa jenis produk secara bersamaan serta diilengkapi dengan sarana inline blending sehingga hasil produk yang dihasilkan menjadi lebih homogen dan lebih terjamin kualitasnya.

• Lebih aman karena memiliki sistem interlock pada proses pengisian BBM untuk mencegah terjadinya tumpahan BBM akibat kegagalan saat pengisian, mencegah terjadinya kebakaran, serta mencegah kesalahan dalam proses pengisian BBM

• Meniadakan operator pengisian dan menghilangkan kesalahan pencatatan akibat human error operator,

• Memiliki sistem perpipaan overhead sehingga memudahkan dalam pemeliharaan dan modifikasi.

• Memiliki sistem monitoring dan kontrol yang redundant untuk menghindari adanya kegagalan operasi dengan menjamin sistem dapat bekerja 24 jam.

Keunggulan tersebut ditambah dengan implementasi Pertamina Operation & Service Excellent (POSE) yang dilakukan secara konsisten, serta program continuous improvement menjadikan operasi Terminal BBM Plumpang terbilang cukup efisien.
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Rapat Paripurna DPRD Subang Tetapkan Dua Raperda Tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Penyusunan Produk Hukum

Subang, JMI - Penjabat (Pj.) Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.cd Menghadiri Rapat Paripurna DPRD  yang bertempat di Ruan...