WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Air Sungai Birang Bila Datang Hujan, Rawan Untuk di Konsumsi

Air Sungai Kampung Birang
BERAU, JMI - Memasuki musim penghujan, Air Sungai Kampung Birang Kecamatan Gunung Tabur tampak berlumpur dan keruh. Hal ini disebabkan karena aliran sungai di bagian hulu, biasanya deras ketika musim hujan.

Penyebabnya, karena air tersebut menggerus tanah pada sisi sungai dan membawanya ke hilir sebagai lumpur, sehingga berwarna kuning pekat. Warga Kampung baru-baru ini mengatakan, keluarga hanya menggunakan air Sungai Birang untuk mandi dan sikat gigi. Bahwa kalau air untuk di kosumsi beli air galon. Dulu memang sempat masak air sungai, tapi terlalu keruh apalagi masuk musim hujan,” jelasnya.

Jurnal media indonesia ( JMI ) belum sempat menemui dan menkomfirmasi Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Berau. Fenomena keruhnya air Sungai Kampung Birang karena pada saat musim hujan banyak partikel tanah yang terangkat dan mengalir deras itu airnya tentu lebih keruh dan pekat. Sebaiknya kalau warga mau mengonsumsi air dari Sungai birang, disaring terlebih dahulu. Jumat (11/05/2018).

Jika pun mau minum air sungai, sebaiknya disaring lalu dimasak untuk menghindari bakteri dalam air yang dikonsumsi.

BST/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Jalan Santai Sapa Warga, Pengurus DPW dan DPC PPP Sosialisasikan Calon yang Diusung di Pilkada Serentak 2024

SUBANG JMI - Jajaran DPW PPP Jawa Barat yang pimpin langsung oleh H. Pepep Saepul Hidayat di Dewan Pimpinan Cabang Partai Persat...