WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pemerintah tak percaya Pertamina rugi jual Pertalite

ilustrasi pertalite
JAKARTA, JMI - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tak percaya PT Pertamina (Persero) mengalami kerugian dalam menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite. Pertamina dinilai telah menjual Pertalite dengan harga pasar maka dari itu tidak masuk akal perusahaan tersebut rugi.

"Tidak mungkin. Karena ini dianggap (mengikuti harga) pasar," kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas), Djoko Siswanto, di Jakarta, Jumat (13/4).

Djoko melanjutkan, jika keuntungan kecil sekalipun, akan tetapi penjualan besar maka pendapatan akan tetap besar. Hal ini menunjukan, penjualan Pertalite masih menggiurkan meski keuntunganya dipangkas.

"Dia ngeluh karena harga pasarnya 5-10 persen keuntungannya. Mereka tetap untung, ada cost efisiensi. Mana ada dia rugi," ucap Djoko.

Djoko mengungkapkan, jika menjual Pertalite benar merugi, pendapatan Pertamina masih bisa ditutupi dari lini bisnis lainnya.

"Pertamina kan bisnisnya tidak hanya BBM. Ada oli, Pertamax turbo, ini kan untung. Dia yang untung tidak mau cerita, yang rugi dia mau cerita. Untung 10, lalu rugi 5, berarti kan untung 5. Pemerintah juga berkorban kok. Minyak tanah full subsidinya, LPG kasih subsidi," tandasnya.
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Purnawiran Polri Sekabupaten Grobogan Siap Dukung Dan Menangkan Bambang Catur Dalam Kontestasi Pilkada 2024

GROBOGAN, JMI - pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Grobogan dr.H,Bambang Pujiyanto M,Kes bersama H,Catur Sugeng Susanto SH,M...