WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

PPN 5% Arab Saudi Berdampak ke ONH, Pemerintah Diminta Melobi


Jakarta, JMI.Com – Menyusul kenaikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang diterapkan Pemerintah Arab Saudi, Pemerintah Indonesia dihimbau segera melobinya agar tidak berdampak pada biaya haji dan umroh bagi jamaah Indonesia. Efisiensi anggaran haji juga perlu dilakukan.

Saat ditemui di ruang kerjanya, usai menerima Dubes Kazkstan, Senin (08/1/2018), Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menyerukan pemerintah terutama Kemenag agar melobi Pemerintah Arab Saudi. Kenaikan PPN sebesar 5 persen di Arab Saudi, tentu sangat berdampak pada biaya haji dan umroh di Indonesia.

“Perlu ada upaya lobi dari pemerintah kita kepada pemerintah Arab Saudi. Tapi, kalau ini menjadi ketetapan yang universal dan memang tidak bisa dielakkan, tentu bisa kita terima. Tapi kalau masih bisa diperjuangkan untuk mengurangi beban calon jamaah haji Indonesia, harusnya pemerintah Indonesia melobi supaya memberikan keringanan dan kemudahan,” ucap Fadli.

Seperti diketahui Otoritas Zakat dan Pajak di Arab Saudi mengenakan PPN 5 persen terhitung mulai 1 Januari ini. Semua barang dan jasa, seperti makanan, minuman, transportasi lokal, minyak dan produk-produk turunan, hotel dan jasa penginapan, layanan telekomunikasi, serta asuransi mengalami kenaikan. Sektor-sektor tersebut bersentuhan dengan kepentingan jamaah haji dan umroh Indonesia di Arab Saudi.

Lobi tak terhindarkan agar tak mengganggu pelaksanaan haji dan umroh. Selain itu, kata Fadli, efisiensi dana haji perlu dilakukan kembali. Biaya-biaya yang tidak perlu bisa diminimalisir agar biaya haji tak menggelembung.

“Pemerintah bisa melakukan efisiensi dari dana haji sekarang. Pungli-pungli perlu diberantas dan dana-dana yang tidak efisien perlu disingkirkan. Kalau bisa tidak menaikkan dana haji. Lakukan strategi yang membuat jamaah haji kita mendapat fasilitas yang sama dengan dana yang ada,” ujar Fadli.

JMI/pkn/red
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Media Cetak dan Online JURNAL MEDIA Indonesia Menggelar HUT ke 21 Tahun di Puncak Cisarua Bogor

Subang, JMI - Media cetak dan online jurnal media Indonesia yang berkantor pusat di Jakarta,tepatnya kantor redaksi di jalan H. ...