WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pemprov DKI Harus Audit Aset Museum Bahari


JMI.Com - Musibah kebakaran yang menimpa Gedung Museum Bahari di Kawasan Kota Tua pada Selasa lalu (16/1) menjadi teguran bagi Pemprov DKI Jakarta.

Ikatan Sarjana Kelautan Universitas Hasanuddin (Isla Unhas) mengimbau, bukan hanya Pemprov DKI tetapi juga kepada pemerintah daerah lain agar lebih baik dalam memperhatikan dan meningkatkan peran museum.

"Kami menyayangkan musibah terbakarnya Museum Bahari Jakarta. Museum Bahari adalah peninggalan sejarah kebaharian Nusantara yang seharusnya dijaga keberadaannya," ujar Ketua Isla Unhas Darwis Ismail kepada wartawan di Jakarta, Kamis (17/1).

Menurutnya, Museum Bahari adalah gedung peninggalan VOC Belanda yang menyimpan koleksi terkait dunia kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

"Di sana banyak barang berharga peninggalan kebaharian Nusantara sejak jaman Belanda, dan menjadi tempat pembelajaran publik untuk mengenal tentang potensi kelautan nasional," jelas Darwis.

Untuk itu, Isla Unhas mendesak gubernur DKI Jakarta dapat melakukan audit semua aset museum yang terbakar.

"Kami minta pak gubernur dan wakilnya untuk turun tangan, kami khawatir ada barang yang hilang. Polri juga harus melakukan penyelidikan dengan seksama," kata Darwis.

Selain juga meminta kepada Pemprov DKI untuk secepatnya membangun kembali gedung museum agar dapat berfungsi seperti semula.

"Museum Bahari merupakan salah satu simbol kejayaan sektor maritim Indonesia. Untuk itu perlu perhatian lebih menjaga keamanan dan perawatan," imbuh Darwis.

JMI/Red
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

POLSEK CIPEUNDEUY POLRES SUBANG LAKUKAN PENYEKATAN MENGANTISIPASI MASA YANG MAU MENYAKSIKAN PELANTIKAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TERPILIH 2024

Subang JMI - Polres Subang melaksanakan kegiatan  penyekatan dalam rangka mengantisifasi massa yang terindikasi akan berangkat ...