WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

BPJS Siap Sinergi Dengan Keinginan Masyarakat


JMI - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyebutkan tiga keinginan warga dalam layanan kesehatan terintegrasi.

"Sebenarnya keinginan kami kan kepastian akses, jaminan biaya, dan jaminan kualitas. Tiga hal tersebut yang harus dipenuhi dalam layanan kesehatan terintegrasi," ujar Deputi Direksi BPJS Kesehatan, Andi Afdal Abdullah dalam diskusi Jakarta Research and Public Policy (JRPP) di Jakarta Creative Hub, Jakarta Pusat, kemarin.

Andi pun mengingatkan pentingnya jaminan biaya ini. "Kalau bapak sakit, tidak jadi miskin," kata Andi.

Andi kemudian menjelaskan kepastian akses itu berupa kemudahan akses layanan, kepastian ruangan rawat dan Intensive Care Unit (ICU). Sedangkan jaminan kualitas, Andi menyebutkan kualitas layanan kesehatan, sumber daya manusia (SDM) kesehatan, obat dan alat kesehatan (Alkes).

Senada dengan itu koordinator Sahabat Anies-Sandi, Anggawira pun menekankan layanan kesehatan terintegrasi harus didasari prinsip keberpihakan.

"Jangan sampai kalau sakit menjadi jatuh miskin dan menambah jumlah orang miskin. Negara harus mengamankan ini terutama bagi warga yang rentan miskin. Apalagi bagi yang sudah miskin, negara menjamin itu," tutur Anggawira.

Anggawira mengatakan, aplikasi layanan kesehatan terintegrasi yang akan diluncurkan menjangkau lapisan bawah masyarakat.

"Kecanggihan IT (Information Technology) ini harus sampai (masyarakat bawah), maka diperlukan sosialisasi," imbuh Anggawira.

JMI/Red
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

*Keluarga Besar Pon Pes Daarul Anshor Paku Haji, Anjangsana Ke Cucu Pejuang NU di Buntet Cirebon

Cirebon, JMI - Keluarga Besar Pon Pes Daarul Anshor Pakuhaji, Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati, karena ziarah ke makam Wali All...