WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bandara Kertajati Bisa Digunakan untuk Peserta Haji Juni 2018


Jakarta, JMI.Com - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, penyelesaian terminal Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati sudah mencapai hampir 90 persen.

Ia menambahkan, Bandara ini sudah bisa digunakan untuk operasional keberangkatan Haji pada Juni 2018.

"Itu (Bandara Kertajati) dapat mengangkut Haji bulan Juni tahun ini," terang luhut di Gedung Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta Selasa (9/1).

Ia mengatakan saat ini Bandara Kertajati masih dalam tahap pembangunan landasan pacu (runway) pesawat yang akan diperpanjang hingga 3000 meter dengan lebar 60 meter.

"Bandara Kertajati penyelesaian terminalnya 86 persen mungkin bahkan sekarang hampir 90 persen. Hanya masih runway kami kejar supaya 3000 meter sekarang sudah selesai 2500 meter," jelas Luhut.

Luhut pun menyatakan, Bandara Kertajati menjadi Bandara pertama di Indonesia yang dapat mengakomodasi pesawat lebar jenis Airbus 380. Hal itu merupakan kombinasi antara pemerintah daerah tingkat I Jawa Barat dengan Angkasa Pura II.

Ia menambahkan, pendanaan untuk Bandara Kertajati sampai sejauh ini tidak ada masalah.

Selain itu, Luhut juga berbicara perihal Kereta Cepat Jakarta - Bandung yang akan tersambung dengan Bandara Kertajati. Pihaknya masih mengevaluasi proyek kereta cepat yang tak urung berjalan tersebut.

"Apakah memang benar Jakarta - Bandung 140 km ini visible untuk dilakukan, kami melihat mungkin kalo dilangsungkan ke Kertajati dia hampir 200 km lebih mungkin akan lebih visible," papar Luhut.

JMI/CNN/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Jalan Santai Sapa Warga, Pengurus DPW dan DPC PPP Sosialisasikan Calon yang Diusung di Pilkada Serentak 2024

SUBANG JMI - Jajaran DPW PPP Jawa Barat yang pimpin langsung oleh H. Pepep Saepul Hidayat di Dewan Pimpinan Cabang Partai Persat...