WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Anies: Program Rumah "DP Nol Rupiah" Akan Berlanjut

Gubernur Anies Baswedan resmikan pembangunan rumah DP 0 rupiah.
JMI - Pemerintah DKI Jakarta bakal membuka pendaftaran bagi warga Jakarta yang ingin membeli rumah sederhana dalam program "DP 0 Rupiah" pada bulan April mendatang.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, mengatakan, rumah yang disiapkan pemerintah daerah bakal tersedia dua tipe, yakni tipe 36 dan 21, dengan total rumah sebanyak 703 unit. Perumahan yang dibangun di atas tanah 1,4 hektar itu berstatus milik warga.

"Ada 20 lantai dengan 703 unit, 513 unit tipe 36, dan 190 unit tipe 21. Rumah-rumah ini akan diberikan kepada warga yang berpenghasilan di bawah Rp 7 juta. Harga per unit untuk yang tipe 36 adalah Rp 320 juta, dan untuk tipe 21 harganya Rp 185 juta," jelasnya usai peresmian pembangunan rumah program "DP 0 Rupiah" di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Kamis (18/1).

Untuk melancarkan proses pendaftaran, pihaknya akan membentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) program "DP O Rupiah". Skema yang akan mereka pakai untuk proses pembayaran adalah dengan menggunakan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dalam bentuk KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Nantinya warga Jakarta dapat mencicil pembayaran rumah melalui Bank DKI. Besaran cicilan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing warga.

"Betul (dicicil). Nanti akan dibuatkan skema oleh BLUD yang cicilannya 7 tahun, 10 tahun, 15 tahun dan lain lain akan dibuatkan di situ, tidak seragam. Justru dengan cara begitu maka warga bisa mencicil sesuai dengan kemampuan. Harganya seragam tapi cara atau beasar kreditnya bisa diatur seauai dengan kemampuan," jelas Anies.

Lebih lanjut Anies mengatakan bahwa program ini akan berkelanjutan.

"Yang kita lakukan hari ini bukan yang terakhir, tapi yang pertama. Setelah itu di tempat lain ada banyak yang masuk sebagai usulan, untuk dijadikan sebagaiprogram DP Rp 0 rupiah," ujar Anies.

JMI/Red/rmol
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

*Keluarga Besar Pon Pes Daarul Anshor Paku Haji, Anjangsana Ke Cucu Pejuang NU di Buntet Cirebon

Cirebon, JMI - Keluarga Besar Pon Pes Daarul Anshor Pakuhaji, Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati, karena ziarah ke makam Wali All...