WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Trump Sebut China Dan Rusia Pesaing Dalam Strategi Keamanan Nasional AS


JMI.Com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump meluncurkan strategi keamanan nasional terbaru awal pekan ini (Senin, 18/12).

Trump, dengan prinsip "America First"-nya, berjanji untuk mengutamakan kepentingan warga Amerika Serikat pada berbagai isu, termasuk memerangi terorisme, meningkatkan kontrol perbatasan, menerapkan kebijakan imigrasi yang ketat, dan mempromosikan ekonomi Amerika Serikat.

"Tugas pertama pemerintah kita adalah melayani warga negara kita, banyak di antaranya telah dilupakan, tapi mereka tidak dilupakan lagi. Dengan setiap keputusan dan setiap tindakan, kita sekarang menempatkan Amerika terlebih dahulu," kata Trump dalam pidato di televisi.

Angka ekonomi sebagian besar teruang dalam dokumen strategi Trump, yang menyatakan bahwa kemakmuran ekonomi harus dianggap sebagai pilar keamanan nasional. Trump pun menyerukan pengangkatan peraturan yang menghambat pengembangan energi.

Dokumen strategi Trump juga berjanji untuk mengejar perdamaian melalui kekuatan.

Dalam dokumen tersebut, dia menamai tiga prinsip "penantang" untuk tujuan ini yakni kekuatan revisionis China dan Rusia, negara-negara nakal Iran dan Korea Utara, dan organisasi ancaman transnasional, khususnya kelompok teroris jihad.

Terkait Suriah, Trump mengatakan bahwa Amerika Serikat telah menangani kelompok militan ISIS satu per satu dan merebut kembali hampir 100 persen wilayah yang pernah dimiliki kelompok tersebut di Irak dan Suriah.

Sementara terkait Korea Utara, Trump berumpah akan mengurusnya dan tidak ada banyak pilihan. Namun dia tidak menjabarkannya lebih jauh.

Dalam strategi itu juga, Trump secara eksplisit menyebut China dan Rusia sebagai "kompetisi" yang berusaha untuk menantang kekuatan, pengaruh, dan kepentingan Amerika dan mencoba mengikis keamanan dan kemakmuran warga Amerika.

Meski Amerika Serikat akan mencari peluang untuk kerjasama dengan para pesaingnya, Trump menegaskan bahwa negaranya akan berupaya berdiri untuk diri kita sendiri.

"Amerika ada dalam permainan dan Amerika akan menang," katanya seperti dimuat CNN.

JMI/Red
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Peringatan Hari Santri 2024, Tingkat Kabupaten Subang Bertempat di Alun-alun Subang

Subang, JMI  - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si., didampingi oleh Ketua Dharma Wanita Pe...