WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Senyum Sumringah Masyarakat Limalas Terpancar Saat Panen Perdana


Misol, JMI.Com - Masa panen tiba adalah saat yang paling ditunggu para kelompok tani untuk menikmati hasil jerih payah mengolah lahan mereka selama ini. Kegembiraan dan senyum sumringah pun terpancar saat acara panen perdana 10 hektare Padi Hybrida Program cetak sawah kerjasama kementerian Pertanian dengan unsur TNI AD dan kelompok tani Limalas Misol, Kabupaten Raja Ampat.

Kegiatan ini adalah wujud nyata upaya TNI – AD, khususnya Kodim 1704/Sorong bersama warga masyarakat dan kelompok tani dalam mensukseskan program pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional, kegiatan panen perdana ini juga dihadiri oleh Bupati Kabupaten Raja Ampat H. Abdul Faris Umlati SE, Komandan Kodim 1704/Sorong Letkol Inf Andar Dodianto Panggabean S.IP, Kepala Dinas pertanian kabupaten Raja Ampat, kepala Bappeda kabupaten Raja Ampat,Aparat pemerintah kampung Limalas distrik misol kabupaten Raja Ampat dan para tokoh masyarakat serta lapisan masayarakat Limalas distrik Misol Kabupaten Raja Ampat.

Dalam kegiatan panen perdana tersebut, Komandan Kodim 1704/Sorong Letkol Inf Andar Dodianto Panggabean S.IP, mengatakan, Panen perdana ini adalah hasil dari lahan baru cetak sawah yang berada didaerah Limalas Distrik Misol Kabupaten Raja Ampat, luas padi yang dicetak kali ini mencapai 150 hektare, ini merupakan sawah pertama didaerah ini, dahulu masyarakat hanya berkebun Ubi, Batatas, dan pisang saja, berkat pendampingan yang berkesinambungan dan tak mengenal lelah yang dilakukan oleh para Babinsa Kodim 1704/Sorong kini masyarakat Limalas Misol bisa menambah persediaan pangan untuk daerahnya sendiri dan daerah sekitarnya, jelas Dandim.

“Selain itu juga, tujuan cetak sawah adalah guna meningkatkan kesejahteraan petani setempat dan meningkatkan Kemanunggalan TNI - Rakyat serta menjamin ketersediaan logistik wilayah untuk kepentingan pertahanan negara, sebagaimana dipahami bersama, bahwa pemerintah pusat melalui kebijakan Presiden Republik Indonesia bapak Ir. Joko Widodo sedang berupaya untuk mewujudkan program swasembada pangan nasional, dengan menciptakan daerah-daerah sebagai lumbung pangan nasional, tegas Dandim Sorong katakan.

Guna mendukung program pemerintah tersebut jajaran TNI AD, khususnya Kodim 1704/Sorong membantu mensukseskan program tersebut yaitu dengan cara melakukan pendampingan dan pengkaderan serta optimalisasi peran Babinsa dalam mendukung ketahanan pangan nasional. Kegiatan ini juga merupakan salah satu wujud kepedulian bersama dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua Barat khususnya wilayah Kabupaten Raja Ampat dan memperkokoh pilar kekuatan bangsa demi tetap tegaknya kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Untuk itu saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan ini, sehingga pelaksanaan panen perdana ini bisa berjalan dengan lancar dan aman,” tutur Letkol Inf Andar Dodianto Panggabean S.IP.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Kabupaten Raja ampat H. Abdul Faris Umlati SE mengatakan ucapan terimakasih kepada Dandim 1704/sorong dan jajarannya bersama sama dengan dinas pertanian kabupaten Raja Ampat yang telah membantu pemerintah atas terlaksanya program cetak sawah ini, ucapan terimakasih juga ditujukan kepada masyarakat tani kampung Limalas yang telah melaksanakan program cetak sawah dan diharapkan petani disini bisa memanen 3 kali dalam setahun sehingga kampung Limalas bisa menjadi lumbung padi Kabupaten Raja Ampat , tutur Bupati Raja Ampat.Dengan suksesnya panen perdana ini pemerintah akan mendukung penuh dalam usaha petani mulai dari prasrana dan sarana maupun melalui pendampingan petani, lanjut bupati raja ampat.

DW/JMI/red
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

*Keluarga Besar Pon Pes Daarul Anshor Paku Haji, Anjangsana Ke Cucu Pejuang NU di Buntet Cirebon

Cirebon, JMI - Keluarga Besar Pon Pes Daarul Anshor Pakuhaji, Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati, karena ziarah ke makam Wali All...