WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Macet Jakarta Rugi Rp67 Triliun/Tahun, Sandi: Percepat Infrastruktur

JMI.Com – Senin, 04/12/2017 11:54 WIB
Sandiaga
Jakarta, JMI.Com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mempercepat pembangunan infrastruktur transportasi guna mengatasi kemacetan di ibukota. Pertumbuhan kendaraan yang tidak sebanding dengan ketersediaan infrastruktur jalan membuat kamacetan selalu menjadi persoalan di Jakarta.

“Semua kita percepat. Pembangunan infrastruktur kita percepat, pendanaan juga kita percepat. Investasi kita percepat,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balaikota DKI, Senin (4/11/2017).

Selain itu Sandi juga mempercepat gerakan penggunaan transportasi massal. Dengan meninggalkan kendaraan pribadi untuk beralih ke transportasi umum, maka volume kendaraan di jalanan ibukota akan berkurang. Untuk mendukung gerakan tersebut Pemprov DKI Jakarta juga telah menyiapkan program OK Otrip dengan tarif Rp5.000 untuk setiap perjalanan.

“Gerakan (penggunaan transportasi umum) juga kita percepat. Itu yang kita lakukan,” imbuhnya.

Sebelumnya Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan mengungkapkan kerugian akibat kemacetan lalu lintas di Jakarta tahun 2017 mencapai Rp67,5 triliun. Sedangkan di wilayah Jabodetabek mencapai Rp100 triliun per tahun.

BPTJ menandai permasalahan transportasi Jabodetabek saat ini dengan kondisi tingkat kemacetan yang sangat tinggi. Perjalanan di Jabodetabek 75 persen didominasi oleh sepeda motor, kendaraan pribadi 23 persen dan angkutan umum 2 persen hingga berdampak pada lingkungan.

Poskota/Red
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Ratusan Petani P3 STL Manyingsal Kembali Gerudug Kantor ATR/BPN Subang, diiringi belasan traktor, dan bendera kuning serta pembakaran keranda,Tuntut kepastian garapan yang diklaim PT. Raja wali sebagai tanah HGU

Subang, JMI – Ratusan Petani melakukan Aksi Unjuk rasa yang tergabung dalam organisasi P3STL (perkumpulan petani penggarap sejah...