WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kantor Berita Afghanistan Dibom, Empat Orang Luka


JMI.Com - Sedikitnya empat orang tewas dan enam lainnya terluka dalam ledakan yang terjadi dini hari tadi (Kamis, 28/12) di kantor berita Suara Afghanistan yang terletak di Kabul.

Dimuat Al Jazeera, mengutip juru bicara Kementerian Dalam Negeri, mengatakan seorang pembom bunuh diri kemungkinan berada di balik serangan tersebut.

Komite Keselamatan Jurnalis Afghanistan (AJSC) mengecam serangan tersebut dalam kondisi yang paling kuat.

Kelompok tersebut mengatakan sedang menuju ke lokasi untuk membantu usaha bantuan tersebut.

AJSC baru-baru ini melaporkan lonjakan serangan terhadap wartawan, dengan setidaknya 73 kasus tercatat pada 2017, meningkat 35 persen dibandingkan dengan 2016.

Hal ini membuat Afghanistan menjadi negara paling berbahaya kedua bagi wartawan di dunia setelah Suriah.

Pada bulan Mei, ISIS mengklaim sebuah serangan yang menargetkan sebuah gedung televisi Afghanistan di Jalalabad yang menewaskan enam orang.

Pada bulan November, setidaknya satu satpam terbunuh saat pejuang ISIL menyerbu Shamshad TV, sebuah stasiun televisi swasta.

Sebelumnya, pada Januari 2016, setelah ancaman dari Taliban, sebuah minibus yang membawa karyawan TOLOnews dibom, menewaskan tujuh orang pada jam sibuk malam hari.

Secara lebih luas, ibukota Afghanistan diserang beberapa kali di tahun 2017.

Pada tanggal 8 Maret, lebih dari 30 orang terbunuh saat orang-orang bersenjata yang mengenakan jas lab putih menyerbu sebuah rumah sakit di pusat kota. ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut, namun para pejabat menganggap kelompok lain bisa bertanggung jawab.

Pada tanggal 31 Mei, sebuah bom truk meledak di dekat distrik diplomatik, menewaskan lebih dari 150 orang. Masih belum jelas siapa yang berada di belakang serangan tersebut.

Pada tanggal 21 Oktober, ISIS mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan setidaknya 39 orang di sebuah masjid Syiah di Kabul.

JMI/rmol/Red
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Peringatan Hari Santri 2024, Tingkat Kabupaten Subang Bertempat di Alun-alun Subang

Subang, JMI  - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si., didampingi oleh Ketua Dharma Wanita Pe...