WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

DPR: Kalau Mentan Bilang Keong Gantikan Daging, Itu Tak Bertanggung Jawab

JMI.Com – Jumat, 08/12/2017 11:15 WIB
Harga Daging Sapi Mahal, Menteri Pertanian Sarankan Masyarakat Beralih Makan Keong Sawah
Jakarta, JMI.Com – Anggota DPR Bambang Haryo Soekartono mengkritik keras pernyataan Menteri Pertanian (Mentan) RI Amran Sulaiman yang mengatakan daging keong sawah bisa menggantikan komoditas daging bila terjadi kelangkaan. Bambang menilai, pernyataan Mentan itu tidak bertanggung jawab.

Demikian disampaikan Anggota Komisi VI DPR RI Bambang Haryo Soekartono dalam interupsinya saat Rapat Paripurna DPR RI, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (7/12/2017). Ia menilai, pernyataan tersebut merupakan bentuk ketidakpedulian Kementerian Pertanian terhadap masyarakat.

Padahal, sesuai amanat UU No.7/2014 tentang Perdagangan, pemerintah wajib menyediakan sebelas komoditas termasuk daging untuk kebutuhan masyarakat, baik jumlah maupun harganya yang terjangkau.

“Ini pernyataan yang tidak bertanggung jawab dan tidak peduli terhadap masyarakat. Sesuai UU No.7/2014 tentang Perdagangan maupun PP No.71/2015 Pasal 1 ayat (3) dikatakan, sebelas komoditas termasuk daging harus disediakan pemerintah, baik harganya harus sesuai keinginan masyarakat dengan semurah-murahnya, barangnya harus cukup, dan harus berkualitas. Pemerintah sudah menyalahi PP maupun UU,” tegas anggota F-Gerindra itu.

Dikatakan Bambang, daging merupakan komoditas yang bisa menumbuhkan perekonomian. Daging bisa diolah menjadi beragam sajian makanan yang mahal, lebih mahal daripada harga dagingnya itu sendiri. Misalnya, lanjut Bambang, daging diolah menjadi rendang, soto, rawon, bahkan baso yang sangat disukai masyarakat.

Tanpa ketersediaan daging yang cukup dan murah, masyarakat tidak bisa mengolahnya menjadi beragam olahan yang menarik. Semua olahan daging itu tidak bisa diganti dengan keong sawah. Para pedagang pun sulit berdagang bila daging tak tersedia dengan cukup. “Hampir 15 juta UMKM kita penjual baso. Ini yang harus kita perjuangkan. Daging harus cukup di Indonesia,” tandas Bambang lagi.

Sekali lagi, di akhir interupsinya, Bambang menyerukan agar Menteri Pertanian tidak mengeluarkan pernyataan atau kebijakan mengganti daging dengan keong sawah. Pimpinan DPR diharapkan bisa menyampaikan kritik dan seruan ini kepada Menteri Pertanian.

Poskota/Red
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

PT Alfa Mutiara Almadani Taur Purwodadi Berangkatkan 70 Jemaah Umroh

GROBOGAN, JMI - Biro Perjalanan  Umrah, PT Alfa Taur, memberangkatkan 70 jemaahnya dengan menggunakan pesawat Saudi Arabia keberangkatan jem...