WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Beroperasi Penuh, Berapa Tarif Tol Surabaya-Mojokerto ?


Jakarta, JMI.Com - Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) yang terdiri dari empat seksi akhirnya bisa beroperasi penuh sepanjang 36,27 km. Sisa seksi yang belum beroperasi dari seksi IB Sepanjang-WRR 4,3 km, Seksi II WRR-Driyorejo 5,1 km dan Seksi III Driyorejo-Krian 6,1 km akan dioperasikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) Selasa besok (19/12).

Lantas, berapa tarif yang harus dibayar untuk melewati tol yang sudah dibangun sejak 2007 ini jika ingin menjajalnya secara penuh?

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang diterima detikFinance, seperti dikutip Senin (18/12/2017), tarif untuk golongan I untuk tol ini dipatok Rp 1.050 per km untuk tahun 2017. Jika ditotal, tarif golongan I untuk jarak terjauh (tarif Rp 1.050 per km dikali total panjang tol secara penuh 36,27 km) ditaksir sebesar Rp 38 ribu.

Tarif tersebut sesuai dengan dokumen perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) yang ditandatangani amandemennya sejak Juni 2011.

Tol Sumo sendiri terdiri dari 4 seksi ruas jalan, dengan seksi I dibagi atas dua bagian, yakni seksi IA dan IB dari Waru ke Sepanjang dan Sepanjang ke Western Ring Road. Dua seksi telah beroperasi lebih dulu pada 2011 dan 2016 lalu yakni, Seksi 1A dan Seksi IV.

Seksi IA membentang mulai dari Waru hingga Sepanjang, beroperasi pada 27 Agustus 2011. Tarif tol untuk mobil pribadi saat itu adalah Rp 1.500. Sementara seksi IV ruas Krian-Mojokerto sepanjang 18,6 kilometer diresmikan dan beroperasi pada 19 Maret 2016, dengan tarif dipatok Rp 15.500 untuk kendaraan golongan I sepanjang seksi IV itu.

Sedangkan tiga seksi lainnya yang akan beroperasi meliputi Seksi IB mulai dari Sepanjang hingga Western Ring Road (WRR) sepanjang 4,3 kilometer, Seksi II WRR-Driyorejo sepanjang 5,1 kilometer dan Seksi III Driyorejo-Krian sepanjang 6,1 kilometer.

Beroperasinya seluruh seksi Jalan Tol Surabaya-Mojokerto menjadi pelengkap proyek Jalan Tol Trans Jawa yang akan membentang dari Merak hingga Banyuwangi. Jalan Tol Surabaya-Mojokerto diharapkan dapat memperlancar arus distribusi barang dan jasa, serta meningkatkan perekonomian Indonesia khususnya di Pulau Jawa.

DTK/JMI/Red
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Rapat Paripurna DPRD Kab. Subang Pj. Bupati Subang Paparkan Nota Pengantar RAPBD Tahun 2025

Subang, JMI - Penjabat (Pj.) Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.cd Menghadiri Rapat Paripurna DPRD  yang bertempat di Ruan...