WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

13 Tips Makan Sehat untuk Karyawan Kantoran

JMI.Com – Kamis, 07/12/2017 11:10 WIB
Ilustrasi
JMI.Com - Sarapan sangat penting untuk membahu energi dan membantu regulasi gula darah. Jauhi sarapan dengan makanan yang menyimpan karbohidrat dan gula. Sarapan yang dianjurkan untuk disantap:

a. Makanan yang berisi karbohidrat kompleks yang tinggi, misalnya oatmeal, sereal, buah, beserta sayur.
b. Makanan yang mengandung serat yang tinggi, semisal sereal gandum, lalu biji Chia.
c. Makanan yang banyak akan protein, semisal kacang-kacangan, biji-bijian, susu almond, susu sapi, yoghurt, serta telur.
d. Makanan yang mengandung lemak, misalnya kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, dan kelapa .

2. Tidakboleh kebanyakan minum kopi

Kebanyakan minum kopi akan memayahkan organ jiwa Anda, membikin Anda dehidrasi (lantaran kopi adalah minuman yang bersifat diuretik alias menambah kecepatan penciptaan urin), dan menambah risiko gula darah yang tidak stabil. Batin adalah bagian yang membersihkan toksik tubuh Kalian, jadi apabila organ hati Kamu terbebani, maka kemungkinan Kamu terkena penyakit lalu berat badan membanyak meningkat.

Kurangi konsumsi kopi atau kelihatannya kalau sanggup jangan mengonsumsi kopi. Konsumsilah teh-teh herbal yang bermanfaat untuk tubuh, contohnya:

a. Teh akar dandelion, dapat mendukung organ hati membersihkan toksik tubuh
b. Teh ginseng, dapat menopang meningkatkan kekuatan
c. Teh oolong, dapat menolong menurunkan berat instansi
d. Teh hijau, dapat menaikkan konsentrasi
e. Teh peppermint, dapat mengurangi sakit perut

3. Membludak minum air putih

Jangan kurangingat untuk banyak minum. Minimal, minumah 8 gelas air putih dalam sehari supaya kadar energi Kalian tetap tinggi, pencernaan Anda lancar, dan kontemplasi Anda terlindung. Ketika fisik Anda dehidrasi, adakala tubuh Kamu juga bakal memberikan indikasi yang kurang tepat saat Kalian lapar. Pastikan buat tidak meminum air putih akuratnya sebelum makan, karena hal itu dapat membantut pencernaan Kalian.

Minumlah air putih 20 menit sebelum atau 60 menit setelah makan. Dianjurkan pula untuk tidak meminum air dingin, karena air dingin bisa meningkatkan penciutan pada lambung lalu usus Kamu serta memperlalaikan pencernaan Kamu.

4. Kurangi makan makanan kemasan

Pada biasanya, makanan kemasan memuat banyak gula, garam, penstabil, pengawet, perasa bikinan, warna karya, dan lain semacamnya. Bahan-bahan makanan tersebut kurang bagus bagi kesegaran.

5. Makan makanan yang segar

Daging, ikan, kacang-kacangan, gandum, buah, lalu sayur yang segar merupakan makanan-makanan yang baik untuk kesehatan. Jika Anda ingin membawa snack, bawalah kacang-kacangan atau buah dan sayur yang dipotong kecil-kecil.

6. Amati hasil metode makanan di restoran

Waktu mengambil makanan di restoran, perhatikan atas proses pembentukan makanan di buku menu, apakah makanan itu dikukus, direbus, dipanggang, atau dibakar. Cobalah bakal hindari makanan yang digoreng, sautéed (dimasak kering oleh panas yang tinggi atau ditambahi dengan minyak atau lemak), alias au gratin (ditaburi keju lalu dipanaskan pada salamander). Makanan-makanan bersama proses pengolahan seperti itu menerangkan bahwa makanan tersebut mengandung lemak lalu kalori yang tinggi. Cobalah lebih memilih makanan yang direbus ataupun dipanggang.

7. Kurangi konsumsi alkohol

Buat setiap cawan alkohol yang Anda minum, seimbangkan bersama meminum segelas air putih. Alkohol mendatangkan Anda dehidrasi, menciptakan mabuk, dan meninggikan nafsu makan Kalian. Paling membludak, dianjurkan buat pria untuk mengonsumsi tak lebih dari 2 gelas alkohol sehari dan bakal wanita enggak lebih dari 1 gelas perhari. Alternatif minuman lain kayak alkohol yang ringan, virgin Caesar, white wine spritzer, sparkling water, maupun bahkan minum air dengan banyak buah lemon.

Air lemon sungguh baik buat kesehatan, seumpama meningkatkan energi, membantu pencernaan, meningkatkan sistem imunitas, mendukung detoksifikasi, membantu menurunkan berat badan, serta membantu perawatan kulit.

8. Hindari makanan-makanan putih dapatan olahan

Hindarilah makanan-makanan kayak nasi putih, roti putih, gigiodol putih, dan saus putih. Makanan-makanan itu semuanya merupakan makanan olahan yang muatan serat dan nutrisinya suah berkurang membludak akibat prosedur pengolahan tersebut. Konsumsilah roti gandum ataupun nasi merah. Tetapkan saus tomat daripada saus putih yang kebanyakan mengandung lemak bosan dan sodium.

9. Selalu sedia sedia makananringan

Ke mana pun Kalian pergi, bawalah snack-snack sehat sesuai buah yang dipotong kecil-kecil, jus, oatmeal, sayur bugar yang dipotong kecil-kecil, almond atau nutbar. Makanlah makanankecil Anda setiap 3 jam sekali untuk menopang gula darah Anda selalu stabil dan mencegah Anda makan berlebihan saat jam makan.

10. Jangan makan hingga kekenyangan

Makanlah secukupnya saat jam makan, kira-kira 80% kenyang dan takdiperbolehkan sampai lebih dari itu. Jika Anda sedang merasa lapar 10 menit kemudian, kemudian makan sedikit lagi. Makan berlebihan bukan saja mengakibatkan bertambahnya berat badan, tetapi sekalipun Anda menyantap makanan-makanan yang sehat. Makan lewatbatas dapat menangguhkan sistem penyerapan Anda dan dapat membuat penyakit-penyakit yang lebih serius sesuai diabetes.

11. Perbanyak konsumsi buah beserta sayur

Konsumsilah buah dan sayur setiap harinya. Carilah buah dan sayur yang penuh warna, fit, dan janganlah lupa dicuci terlebih dahulu buat menghilangkan zat-zat kimia atau pestisida yang mungkin ada pada buah dan sayur itu. Pilihlah sayur-sayuran hijau, seperti kangkung, bayam, atau bok-choy. Sayur-sayuran hijau banyak mengandung nutrisi yang berguna bagi kebugaran.

12. Hindari basi makan

Laju metabolisme Anda hendak melambat saat malam. Dianjurkan untuk makan malam sebelum jam 8 malam biar tubuh Kamu sempat bakal memproses makanan yang Anda makan dan membersihkan racun pada badan Anda sehingga Anda terhindar dari berat instansi berlebih.

13. Konsumsi tambahanadendum

Tidak acuh sebarapa baik asupan makanan yang Anda makan, tidak terdapat seorang juga yang memiliki nutrisi sempurna pada badan. Dengan lingkungan yang mengandung membludak zat-zat yang tidak bagus bagi fisik kita, atau stress karena karier dapat mempengaruhi nutrisi di dalam raga kita. Seterusnya adalah suplemen-suplemen yang disarankan untuk dikonsumsi:

a. Suplemen multivitamin/mineral
b. Komplemen probiotik
c. Vitamin B-complex (untuk menolong mengurangi stress, menaikkan kerja metabolisme serta membantu menambah sistem kekebalan)
d. Vitamin yang mengandung EFA (Essential fatty acid/Omega 3)
e. Minyak ikan (buat membantu menaikkan kerja benak, meningkatkan sistem pencernaan, mengecilkan stress, dan mengawasi nafsu makan)

Tiap-tiap orang memiliki kepentingan nutrisi yang berbeda. Konsultasilah oleh ahli zatpertumbuhan untuk mendiskusikan suplemen apa yang cermatnya untuk Anda.

 JMI/Red
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Seru!!! Liga 2 Persikas VS Persekat , Skor kejar-kejaran persekat Unggul 3-4

SUBANG, JMI - Persikas Subang menghadapi Persekat Tegal sebagai tuan rumah dalam lanjutan pertandingan Pegadaian Liga 2 Sangat s...