WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

32 Penerbangan Batal Ke Yaman, Ratusan Staf Bantuan PBB Menunggu Ketidakpastian


JMI.Com - Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan di ibukota Yaman, Sana'a, mengatakan bahwa total 32 penerbangan ke Yaman telah dibatalkan sejak rezim di Riyadh memerintahkan pengetatan blokade negara miskin tersebut beberapa pekan lalu.

Ahmed Ben Lassoued, seorang pejabat media di kantor PBB, mengatakan pekan ini bahwa 220 staf menunggu untuk memasuki Yaman dari Djibouti dan Amman. Selain itu, 330 staf PBB lainnya siap berangkat dari Sana'a dan stasiun-stasiun tugas lainnya di Yaman utara.

"Blokade yang diberlakukan pada penerbangan kemanusiaan sangat menghambat operasi kemanusiaan, yang menghambat kemanusiaan untuk memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan kepada jutaan orang yang mengandalkannya untuk kelangsungan hidup mereka," kata Ben Lassoued seperti dimuat Press TV.

Pada hari Rabu, Komite Penyelamatan Internasional juga menyerukan penghentian segera blokade tersebut, dengan mengatakan bahwa hal tersebut menciptakan kesengsaraan kemanusiaan bagi jutaan orang Yaman.

Organisasi kemanusiaan yang berbasis di New York tersebut mengatakan bahwa pengepungan tersebut, yang oleh orang-orang Saudi diperkuat awal bulan ini untuk menekan gerakan Houthi Ansarullah, adalah hukuman kolektif orang-orang Yaman.

Kelompok bantuan tersebut mengatakan bahwa sebuah aib bagi masyarakat internasional untuk tetap diam dalam menghadapi blokade yang mematikan seperti itu bahkan memungkinkan orang-orang Saudi untuk membatasi akses Yaman terhadap bantuan kemanusiaan.

rmol/jmi/red
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Sosok Pejuang Berintegritas Ini Siap Jadi Dewas KPK

JAKARTA, JMI – Proses seleksi calon Dewan Pengawas (Dewas) KPK periode 2024-2029 hingga 20 September 2024 lalu telah memasuki ta...