WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Forum Wartawan Sabuk dan Jalan Diresmikan

Pimpinan asosiasi wartawan dari 27 negara Forum Wartawan Sabuk dan Jalan/R
Jakarta, JMI.Com - Pimpinan asosiasi wartawan dari 27 negara hadir di Beijing hari ini (Senin, 16/10) untuk ambil bagian dalam peresmian Forum Wartawan Sabuk dan Jalan. Satu di antaranya adalah Indonesia yang diwakili oleh Teguh Santosa, Ketua Bidang Luar Negeri Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Pertemuan tersebut dipimpin oleh Sekretaris Eksekutif Asosiasi Wartawan Seluruh Tiongkok (ACJA) Wang Domei. Dalam kesempatan tersebut, Presiden ACJA Zhang Yannong membacakan draft pendirian forum.

Ia menjelaskan bahwa Forum Wartawan Sabuk dan Jalan merupakan sebuah organisasi yang beranggotakan jurnalis di negara-negara yang dicakup oleh "Sabuk Ekonomi Jalur Sutra" dan inisiatif "Jalan Sutra Maritim Abad ke-21" atau yag disingkat "Belt and Road" atau "Sabuk dan Jalan".

Pada jaman kuno, Jalur Sutra dan Ekonomi dan Maritim telah membuka pintu untuk pertukaran antar negara, menghubungkan orang-orang Asia, Eropa dan Afrika dan meningkatkan kesejahteraan material dan budaya di sepanjang rute.

Hari ini, jelas Zhang Yannong, manfaat Jalur Sutra Ekonomi dan Maritim diharapkan akan dapat menambahkan vitalitas serta peluang baru dengan dibentuknya Forum Wartawan Sabuk dan Jalan.

Forum ini, sambungnya, dibentuk dengan maksud untuk mengabdikan diri untuk membimbing kelompok media dan jurnalis di sepanjang jalan menuju profesionalisme, keadilan dan keadilan, dan mempromosikan pertukaran internasional dan perdamaian dunia.

Dalam peresmian tersebut, pimpinan asosiasi wartawan dari 27 negara menegaskan pakta pendirian Forum Wartawan Sabuk dan Jalan yakni menegaskan perdamaian dan kerjasama, menerapkan prinsip keterbukaan dan inklusivitas, mutual learning serta saling menguntungkan.

RMOL/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Peringatan Hari Santri 2024, Tingkat Kabupaten Subang Bertempat di Alun-alun Subang

Subang, JMI  - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si., didampingi oleh Ketua Dharma Wanita Pe...