WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pelajar Purwakarta Budayakan Jalan Kaki Ke Sekolah


PURWAKARTA, JURNALMEDIAIndonesia.com - Para pelajar di Purwakarta telah diimbau untuk membudayakan jalan kaki ke sekolah. Bahkan di sejumlah tempat, pelajar Purwakarta diwajibkan.

Begitu kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi di hadapan awak media di Gedung Kembar, Jalan KK Singawinata, Purwakarta, Jawa Barat, Senin (17/7).

Menurutnya, kebiasaan jalan kaki menuju ke sekolah dapat menumbuhkan sikap mandiri para pelajar. Ditambah, ia menilai kebiasaan ini sudah mulai hilang dan tergantikan dengan kendaraan bermotor.

Atas dasar tersebut, Dedi merasa perlu menghidupkan kembali budaya jalan kaki.

"Ini untuk kebaikan para pelajar, agar mereka tumbuh mandiri dan hidup sehat. Ditambah, sudah mulai jarang kan yang jalan kaki," katanya.

Secara teknis, menurut Dedi, titik sekolah yang harus mewajibkan pelajarnya jalan kaki adalah sekolah yang sudah memiliki akses trotoar yang nyaman dan arus kendaraan yang tergolong landai.

Sementara mengenai jarak, dapat disesuaikan oleh para orang tua. Mereka dapat menurunkan anak di spot-spot tertentu sejauh minimal 1 KM dari sekolah.

"Minimalnya pelajar itu bisa jalan kaki sejauh 1 KM menuju sekolah. Misalnya untuk SMPN 1 Purwakarta, para orang tua bisa mengantarkan anaknya sampai bundaran BTN atau Gedung Kembar, kemudian pelajar itu lanjut jalan kaki menuju sekolah,” ujarnya.

Untuk wilayah perkotaan, Pemerintah Kabupaten Purwakarta telah menunjuk sekolah percontohan yakni SMPN 1 Purwakarta, SMPN 3 Purwakarta, SMPN 6 Purwakarta, SMPN 7 Purwakarta, SMPN 8 Purwakarta, SMPN 9 Purwakarta dan SMPN 10 Purwakarta.

Sementara untuk wilayah pedesaan, tidak terdapat sekolah yang ditunjuk mengingat para pelajar di wilayah tersebut sudah terbiasa berjalan kaki menuju sekolah mereka masing-masing. Kebijakan ini sendiri dianggap oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta sebagai kelanjutan larangan membawa kendaraan bermotor ke sekolah.

IAN/RMOL/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Wujudkan Program Kartu Bagja Raharja, H Sutrisno Ajak Warga Panongan Coblos No 02 Karna - Koko

MAJALENGKA, JMI - Calon Bupati Majalengka H Karna Sobahi berjanji akan memberdayakan perempuan melalui Majelis Taklim, hal terse...