WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Dituding Cemari Kali Bekasi, Tempat Laundry Disegel Walikota

Walikota Rahmat Effendi menyegel tempat laundry karena dianggap membuang limbah ke Kali Bekasi. (ist)
BEKASI, JURNALMEDIAIndonesia.com – Dituding membuang limbah yang mencemari Kali Bekasi, Walikota Bekasi Rahmat Effendi turun langsung menyegel tempat laundry. “Mulai sekarang tidak boleh ada kegiatan lagi,” kata walikota.

Walikota yang didampingi Kabag Lingkungan Hidup Jumhana Lutfi, Camat Bantargebang Asep Gunawan, Lurah Cikiwul Warsim dan sejumlah aparat langsung menempelkan stiker penyegelan.

Walikota menyebutkan penyegelan terhadap pabrik PT ML karena diangggap telah mencemari Kali Bekasi dengan limbah. Pemkot Bekasi disebutkan akan berkoordinasi dengan pihak terkait.

Hasil uji laboratorium yang diambil terbukti mencemari Kali Bekasi. Pabrik jasa pencucian dan pelusuhan warna itu menghasilkan limbah cair yang langsung mengalir ke Kali Bekasi.

Hasil laboratorium menemukan ada limbah yang di atas ambang batas. Walikota juga menyebut pabrik tidak memiliki instrumen atau tempat pengolahan limbah. Padahal limbah yang dihasilkan berbahaya. Apalagi air dari Kali Bekasi digunakan antara lain untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

Diberitakan sebelumnya, Kali Bekasi berubah warna menjadi hijau pekat. Air kali Bekasi ini menjadi sumber baku air bagi PDAM.

Direktur Utama PDAM Tirta Patriot, Hendi Irawan, mengatakan lega dengan langkah Pemkot Bekasi. “Kita belum terima laporan itu. Tapi ini langkah yang baik demi keterjaminan air baku,” katanya.

Selain masalah limbah, walikota juga menyebut gedung pabrik juga melanggar garis badan sungai. Sehingga dia meminta selain masalah limbah juga masalah perijinannya.

POS/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Rapat Paripurna DPRD Subang Tetapkan Dua Raperda Tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Penyusunan Produk Hukum

Subang, JMI - Penjabat (Pj.) Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.cd Menghadiri Rapat Paripurna DPRD  yang bertempat di Ruan...