WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Di Kalijodo Bakal Ada Batu Senilai Rp62 Miliar

Dari Tembok Berlin

RPTRA Kalijodo yang selalu ramai dikunjungi masyarakat.
JAKARTA, JURNALMEDIAIndonesia.com – Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo, Jakarta Utara diyakini akan semakin menarik wisatawan dengan pemasangan bongkahan batu tembok Berlin asal Jerman. Empat bongkahan batu bersejarah berasal dari sumbangan seniman asal Solo, Jawa Tengah, Teguh Osentri.

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan bongkahan batu saksi sejarah bersatunya Jerman Barat dan Jerman Timur itu merupakan satu-satunya di Asia Tenggara.

“Beliau mau menyumbangkan empat tembok Berlin di Kalijodo. Dijadikan temanya “patung tembus pandang” dan itu satu-satunya yang ada di Asia Tenggara ya. Karena ada beberapa yang dipecah,” ujarnya di Balaikota Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Djarot mengatakan satu bongkah batu tersebut ditaksir bernilai 1 juta euro. Dengan asumsi 1 euro sama dengan Rp15.600, maka satu bongkah batu Berlin senilai Rp15,6 miliar atau Rp62,4 nilai secara keseluruhan batu tersebut.

“Kalau menurut saya sih ini monumental karena harganya satu potong tembok berlin sekarang itu dihargai 1juta euro. Kalau 4 itu berarti 4 juta euro. Tapi diserahkan betul oleh senimannya karena beliau dulu sekolah di Jerman,” imbuhnya.

Djarot menjelaskan, saat proses pemasangan batu tersebut tengah dilakukan. Peresmian batu akan berbarengan dengan beberapa sarana di Kalijodo.

“Desain sudah kita bicarakan, bagus banget. Itu nanti ada di lokasi Taman Kalijodo. Sekaligus nanti diresmikan untuk tempat parkir, taman, dan jembatan serta Masjid Al Mubaroqah,” tutup Djarot.

POS/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Jalan Santai Sapa Warga, Pengurus DPW dan DPC PPP Sosialisasikan Calon yang Diusung di Pilkada Serentak 2024

SUBANG JMI - Jajaran DPW PPP Jawa Barat yang pimpin langsung oleh H. Pepep Saepul Hidayat di Dewan Pimpinan Cabang Partai Persat...