WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

H -7 KPPU Dan Satgas Pangan Polri Sidak RPH Karawaci, Pastikan Stok Daging Aman di H +2


TANGERANG, JURNALMEDIAIndonesia.com - H -7 menjelang Hari Raya Idul Fitri Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) beserta satgas pangan Polri melakukan sidak langsung ke Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Karawaci, Jalan Haji Arif No.19, Cibodas, Panunggangan Barat Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten.

Nampak terlihat dalam rombongan, Ketua KPPU Syarkawi Rauf, Ketua Satgas Pangan Irjen Pol Setyo Wasisto, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri Tjahya Widayanti, dan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurman, yang didampingi dengan Pemilik RPH Karawaci Karnadi Winaga.

Ketua KPPU Syarkawi Rauf dalam sidak tersebut, memastikan bahwa stok daging sapi hingga H-2 Lebaran dinyatakan aman meski terjadi peningkatan permintaan daging dari hari biasanya.

“Meskipun terjadi peningkatan permintaan, temen-temen dari RPH ini maupun feedloter lain siap memasok untuk kebutuham konsumen. Artinya dari segi ketersediaan, stok untuk sapi siap potong maupun daging ini cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumen mulai sekarang hingga H-2 Lebaran,” ungkapnya, Minggu (18/7/2017) malam.

Sementara itu, Irjen Pol Setyo Wasisto menyampaikan tugas pokok, fungsi dan peranan dibentuknya satgas pangan ini. Satgas pangan bertugas melakukan pemantauan dan monitor pangan mulai dari produsen, rantai industri sampai dengan konsumen. Dalam prosesnya, memastikan produsen mendapat untung layak, rantai distribusi lancar dan konsumen mendapatkan daya beli yang cukup. Terdapat keadilan harga bagi semua pihak.

“Satgas pangan tugasnya memantau dari hulu sampai hilir, mulai dari produsen, mata rantai sampai dengan konsumen. Agar dalam prosesnya semua mendapatkan harga yang adil,” ujarnya

Selanjutnya Irjen Pol Setyo juga menambahkan satgas pangan juga bertugas melakukan penindakan hukum terhadap oknum yang melakukan penyimpangan dalam bekerja. Satgas pangan ini serentak bekerja mulai dari tingkat Mabes Polri, Polda sampai dengan Polres.

“Terdapat 145 personel untuk melakukan penetrasi pasar di seluruh Indonesia yang didampingi oleh satgas pangan dan KPPU di daerah,” imbuhnya.

Ditempat pemotongan hewan dijelaskan bahwa harga per kg daging yang bagus saat ini berkisar antara Rp 110.000 – Rp. 120.000, sedangkan harga untuk menengah kebawah dipatok Rp. 90.000 – Rp. 80.000. Diharapkan kepada seluruh stake holder untuk menjaga dan mempertahankan kondisi ini agar tetap stabil sampai H+2 Idul Fitri.

FARHAT MUHIDIN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Bawaslu Kab; Subang Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dan Netralitas Kepala Desa

Subang, JMI - Bertempat di Ballroom Laska Hotel Subang, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Subang menggelar sosia...