WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Singgung Jokowi dan SBY, Orasi Veronica Koman Membahayakan


JAKARTA, JURNALMEDIAIndonesia.com - Pernyataan orator aksi menuntut pembebasan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Veronica Koman Liau dianggap memiliki makna yang sangat mendalam.

Menurut Pengamat Politik Emrus Sihombing, orasi yang disampaikan bisa mengandung makna bahwa dua rezim pemerintahan sekarang dan sebelumnya, masuk kategori parah dalam mengelola negara.

"Hanya yang berbeda, tingkat keparahan," ujar dia melalui pesan singkat, Jumat (12/5).

Sayangnya, lanjut Emrus, batasan parah dan ukuran tingkat keparahan belum jelas. Sehingga, pandangan tersebut menurutnya belum memiliki dasar akademik yang kuat.

"(Orasi Veronica) bisa multitafsir. Akibatnya, bisa berujung ke meja peradilan sebagai tuduhan yang tidak mengenakkan," ucap dia.

Untuk itu, Emrus menuturkan bahwa sejatinya Veronica wajib secara akademik mengemukakan data tersebut, sebagai dasar dari pandangan yang sudah dikemukakan di ruang publik.

Bila tidak disampaikan dalam waktu dekat, kredibilitas ororator dan pesan yang disampaikannya dapat dipertanyakan. Dengan demikian, persepsi publik terhadap Veronica menjadi tidak baik, seolah-olah membenarkan pemerintahan yang sekarang dan dua periode yang sebelumnya termasuk parah.

"Karena itu, menurut hemat saya, orator yang bersangkutan harus menjelaskan data sebagai dasar berfikir dari isi oratornya. Atau melakukan ralat di ruang publik. Dalam suatu diskusi publik, sangat wajar dilakukan ralat," pungkas Emrus.

Nama Veronica tengah menjadi perbincangan hangat. Saat menggelar aksi di depan Lapas Cipinang belum lama ini, dia melontarkan pernyataan kontroversial. Orasinya menyinggung pemerintah Jokowi dan menganggap lebih parah dari rezim SBY.

"Hati ini membela Ahok karena bahwa ini adalah keadilan yang diinjak-injak. Rezim Jokowi adalah rezim yang lebih parah dari rezim SBY," ucap dia ketika itu.

dna/JPG
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Perayaan Puncak, hari jadi ke 392 Kabupaten Tangerang, semakin Gemilang

Tangerang, JMI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menggelar Malam Puncak Perayaan Hari Jadi ke-392 Kabupaten Tangerang d...