WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Menilai Kinerja DPRD ‘Mandul’, Kadis PSDA Laksanakan Proyek Dahului APBD

Kadis Pemukiman Perumahan dan PSDA Kabupaten Simalungun, Budiman Silalahi
Simalungun-Sumut, JURNALMEDIAIndonesia.com - Menilai kinerja DPRD mandul alias tak porprosional, Budiman Silalahi selaku Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) menyelenggarakan kembali kegiatan fisik mendahului Anggaran Pendapatan dan Belanja. Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2017.

Sebelumnya, Budiman Silalahi juga menyelenggarakan kegiatan fisik secara swakelola sebesar Rp 10 miliar mendahului APBD-P TA 2016.

Sesuai informasi dihimpun di saat menggelar rapat dengar pendapat (RDP) secara dadakan, Jumat (31/3/2017) lalu, Komisi II DPRD selaku mitra kerja belum tau payung hukum kedua kegiatan.

"Iya, sampai sekarang selaku komisi mitra kerja dinas PSDA, kami belum mendapat jawaban apa yang menjadi payung hukum. Mereka mengaku aku ada Peraturan Bupati (Perbup) tanpa merinci. RDP ini juga kita gelar karena kegiatan dinas mendahului APBD TA 2017,” ujar Ketua Komisi II, Umar Yani seusai kegiatan RDP dadakan.

Ada pun pekerjaan pendahuluan dinas pimpinan, Budiman Silalahi ini yakni, pekerjaan optimalisasi fungsi jaringan irigasi, pembangunan gorong gorong/saluran drainase, penyediaan peralatan dan perlengkapan kantor, pembangunan jalan dengan totalan APBD TA 2017 sebesar Rp 28 miliar.

Disinggung apakah pekerjaan pendahuluan dinas sudah rampung atau belum secara menyeluruhnya, Sekeretaris Dinas Pemukiman Perumahan PSDA, P Simatupang dari seberang telepon selulernya meminta untuk mempertanyakan langsung kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) kegiatan masing-masing.

"Kalau ingin tau apakah kegiatan sudah rampung atau belum secara menyeluruh, langsung aja tanyakan ke PPK masing masing," pintanya.

Dia juga menerangkan oknum PPK optimalisasi fungsi jaringan irigasi, Belman Gultom dan Herodes Turnip. Sementara PPK Tarukim, Tambok Tambunan.

“Kenapa langsung pada saya ditanya, apakah telepon seluler mereka tak aktif. Jangan terus menjebak lah. Memang benar saya Sekretaris Dinas dan seharusnya secara administrasi PPK ada pelaporan. Kau kan sudah tau birokrasi di Simalungun ini. Padahal sudah sering diingatkan agar selalu terbuka seperti saya buat.

Atau kepada Kepala Bidang Tehnik Dinas, Martin Damanik konfirmasikan. Atau besok datang kekantor, saya kan tak kelapangan, jadi saya tak tau bagaimana perkembangannya,” ujar Simatupang dalam bahasa Batak Toba.
Ketika dihubungi PPK, Belman Gultom melalui HPnya tidak menjawab, SMS tidak membalas padahal aktif.

(Syam Hadi Purba).


Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

*Keluarga Besar Pon Pes Daarul Anshor Paku Haji, Anjangsana Ke Cucu Pejuang NU di Buntet Cirebon

Cirebon, JMI - Keluarga Besar Pon Pes Daarul Anshor Pakuhaji, Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati, karena ziarah ke makam Wali All...