WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Di Sukabumi, Kelompok Gay Merambah ke Sekolah

Ilustrasi

Sukabumi, JURNALMEDIAIndonesia.com – Lokasi dan komunitas yang rawan tertular HIV di Kota Sukabumi, Jawa Barat terus disisir. Penyisiran Komisi Penanggulangan AIDS dan Lensa ini untuk menekan laju penularan penyakit mematikan ini.

Salma Aisyah, Koordinator Lapangan Lensa menyebutkan yang menjadi sasaran pemeriksaan HIV kali ini selain wanita pekerja seks (WPS) dan waria, juga terhadap kelompok komunitas lelaki suka lelaki (LSL) alias gay.

“Perkembangan komunitas ini mengalami peningkatan yang cukup cepat. Bahkan saat ini kelompok gay sudah merambah ke sekolah- sekolah,” terang Salma, Kamis (11/5/2017).

Ketua KPA Kota Sukabumi, Achmad Fahmi menuturkan, mendorong warga masyarakat berisiko tertular HIV memeriksakan kesehatannya secara rutin di sejumlah tempat layanan kesehatan yang disiapkan.

“Penyisiran ini agar mereka mengetahui pentingnya pembelajaran kepada warga berisiko tinggi terserang HIV dan AIDS untuk selalu menggunakan kondom dalam berhubungan seksual,” ujarnya.

Pihaknya juga memandang perlu menjalin komunikasi dengan berbagai pihak terkait untuk pelaksanaan program pencegahan penyakit itu agar dapat berjalan efektif dan melakukan sosialisasi tentang perkembangan penularan penyakit tersebut.

“Sasaran kami kepada masyarakat di tujuh kecamatan, bentuknya berupa penyuluhan, supervisi kelompok kerja KPA tiga bulan sekali, pembentukan ‘outlet’ kondom, penyegaran petugas ‘outlet’, dan distribusi kondom, selain pemeriksaan HIV rutin ke populasi kunci,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi Rita Nenny mengatakan pemeriksaan kesehatan terhadap mereka yang berisiko tinggi tertular HIV secara gratis di beberapa tempat layanan kesehatan di kota Sukabumi dan Mobile VCT ke Hotspot langsung.

“Pemeriksaannya gratis kami antara lain menyiapkan fasilitas klinik tersebut di 15 puskesmas, Labkesda dan 4 Rumah sakit,” tandasnya. (sulePos Kota)
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Perayaan hari ulang tahun kabupaten Tangerang 392 tahun.

Kab; Tangerang, JMI - 12 Oktober 2024, dalam rangka menyambut dan memeriahkan hari' jadi kabupaten Tangerang gemilang, 392 ...