WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bupati Hanan A Rozak Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas

Prosesi Upacara dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional.
Tulang Bawang-Lampng, JURNALMEDIAIndonesia.com – Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang (Tuba) menggelar upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Republik Indonesia (RI) yang ke-58 Tahun 2017 bertempat dilapangan upacara, Pemda Lama, dengan agenda membacakan Pidato menteri pendidikan, Bambang sudibyo yang dibacakan langsung oleh Bupati Tuba, Hanan A Rozak, Selasa (2/5/2017).

Dalam sambutannya Bupati Tuba, yang pada kesempatan itu menjadi pembina upacara mengatakan, bahwa Hari Pendidikan Nasional yang dirayakan diharapkan dapat menjadi sebagai hari kesadaran tentang pentingnya kualitas manusia, sebab Presiden Jokowi menggariskan bahwa Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani dunia dan akan berhasil dalam berbagai kompetisi era global jika tinggi kualitas manusianya.

“Manusia yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci kemajuan bangsa, segala capaian yang kita raih sebagai individu maupun sebagai bangsa kolektif tak lepas dari persinggungan dengan pendidikan, mutu dan jenjang pendidikan berdampak besar pada ruang kesempatan untuk maju dan sejahtera, maka memastikan setiap manusia Indonesia mendapatkan akses Pendidikan yang bermutu sepanjang hidupnya sama dengan memastikan kejayaan dan keberlangsungan bangsa,” kata Bupati.

Namun tetapi, Lanjut Bupati, dunia pendidikan saat ini adalah dunia yang sangat berbeda dengan dunia beberapa dekade lalu, perubahan terjadi begitu cepat dalam skala eksponensial yang tidak pernah ditemui dalam sejarah umat manusia sebelumnya, revolusi teknologi menjadi pendorong lompatan perubahan yang akhirnya berpengaruh pada cara hidup, cara bekerja, dan cara belajar.

“Sebelum terlambat, mulai dari sekarang kita harus dapat berikan pada anak-anak Indonesia seperti memastikan bahwa apa yang mereka pelajari saat ini adalah apa yang memang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan jamannya, Keterampilan utuh yang dibutuhkan oleh anak-anak Indonesia di abad 21 ini mencakup tiga komponen, yaitu kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi,” jelas Bupati, dihadapan seluruh ASN yang hadir.

Selain itu, dengan proses belajar juga, tambah Bupati, seperti melalui permainan dan petualangan, diharapkan anak-anak mulai dapat melangkah masuk ke sekolah, berhadapan dengan struktur dan berbagai peraturan sebagai bagian dari sebuah model masyarakat mini, hal tersebut adalah tugas semua untuk memastikan binar keingintahuan dimata setiap anak Indonesia, serta api semangat berkarya di dalam dirinya tidak akan padam adalah tugas guna memberikan ruang bagi anak-anak Indonesia untuk berkontribusi, memajukan dirinya, memajukan masyarakatnya, memajukan kebudayaan bangsanya.

“Rasa percaya dari orang dewasa kepada anak-anak untuk berkarya dan ikut membawa kebudayaan, harus terus bergerak melangkah maju, karena hal ini adalah kunci kemajuan negara, begitu pula momentum hari Pendidikan Nasional ini, marilah kita rayakan, karena kita termasuk diantara yang sudah merasakan dampaknya, maka pada bulan Mei ini, di mana Hari Pendidikan Nasional terletak, ayo kita ikut bergerak, ikut terlibat dalam memperluas dampak pendidikan terhadap saudara-saudara sebangsa yang belum sepenuhnya merasakan kesempatan itu,” ujar Hanan.

Karena itulah, Sambung Bupati, pada tahun 2017 ini dipilih tema “Nyalakan Pelita, Terangkan Citacita” sebagai tema keriaan Hari Pendidikan Nasional, dengan harapan ingin pendidikan benar-benar berperan sebagai pelita bagi setiap anak Indonesia yang akan membuatnya bisa melihat peluang, mendorong kemajuan, menumbuhkan karakter, dan memberikan kejernihan dalam menata dan menyiapkan masa depannya.

“Mari kita perluas keriaan pendidikan dan kebudayaan selama sebulan kedepan. Kita bayar balik apa yang telah kita dapatkan dari pendidikan, kita gelorakan semangat bergerak untuk pendidikan, dan kita teruskan ikhtiar bersama ini, kepada semua yang telah merasakan manfaat pendidikan dan di bulan pendidikan ini, sapalah para pendidik kita dulu, tanyakan kabarnya, ucapkan terima kasih dan tunjukkan apreasiasi pada mereka, para pendidik dan pejuang pendidikan, lalu mari sama-sama kita tetapkan bahwa ikhtiar memajukan pendidikan akan kita lanjutkan dan kembangkan,” ucap Bupati.

Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Melapangkan dan Maha Meninggikan, selalu meridhai ikhtiar kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa tercinta, selamat Hari Pendidikan Nasional, selamat merayakan dan memeriahkan bulan pendidikan dan kebudayaan.

“Demikian telah saya bacakan amanat dari Menteri Pendidikan, Bambang Sudibyo semoga kita mampu untuk melaksanakan cita-cita pendidikan bangsa Indonesia, demi tercipta generasi bangsa yang bermartabat dan berdaya saing, khususnya di Kabupaten Tuba, sebelum mengakhiri sambutan ini, saya juga menghimbau kepada segenap aparatur Pemerintah Kabupaten Tuba agar senantiasa lebih meningkatkan kedisiplinan dan semangat berkarya, membangun daerah demi kemajuan Kabupaten Tuba, selamat beraktifitas, semoga niat tulus dan keikhlasan kita sebagai aparatur untuk mengabdi, selalu mendapatkan ridho, petunjuk dan perlindungan dari Allah SWT.” Tutup Bupati.

Pewarata: Robinsah

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Peringatan Hari Santri 2024, Tingkat Kabupaten Subang Bertempat di Alun-alun Subang

Subang, JMI  - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si., didampingi oleh Ketua Dharma Wanita Pe...