WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Subang Jadi Tuan Rumah Adu Domba Garut

Pertemuan kesepakatan pengadaan seni laga domba garut rencananya akan dilaksankan di Kabupaten Subang
Subang, JURNALMEDIAIndonesia.com – Kualifikasi seni laga domba garut yang memperebutkan piala Presiden RI pada 20-21 Mei 2017 mendatang rencananya akan dilaksankan di Kabupaten Subang.

Ketua Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Kabupaten Subang Undang Sudrajat mengatakan, kabupaten Subang mendapatkan giliran menggelar kualifikasi kelima seni laga domba garut piala presiden di lapang bintang, Subang.

Sebuah kebanggaan tersendiri bagi Subang karena bisa berpartisipasi dan menjadi tuan rumah dalam perhelatan ini. Kegiatan tersebut didukung penuh oleh Lembaga Adat Keraton Galuh Pakuan.

“Seluruh pengurus DPC HPDKI tingkat kabupaten dan kota seluruh Jawa Barat akan mengirimkan peserta terbaik untuk dilombakan. setiap kualifikasi, peserta kelas A ada enam peserta, kemudian kelas B 10 peserta dan kelas c juga 10 peserta. Nantinya, akan terkumpul 188 domba dalam acara puncak di TMII Jakarta pada bulan September,” kata Undang, Kamis (27/4/2017).

Tidak hanya di Subang, sebanyak delapan kabupaten dan satu kota gelar kualifikiasi ditunjuk oleh presiden.

“Kabupaten Bandung Barat, kuningan, bogor, sumedang, pangandaran, kota bandung dan terakhir Garut. Subang sudah punya dua tiket ke TMII,” imbuhnya.
Direncanakan, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki akan hadir dalam kualifikasi kelima di Subang.

“Undangannya sudah kami sampaikan dan Insya allah Pak Teten akan datang,” sebutnya.

Patih LAK Galuh Pakuan Abah Renggo menyatakan bahwa seni laga domba garut ini merupakan tradisi asli Jawa Barat yang tudak hanya nasional tapi juga internasional.

“Seni laga domba ini menjadi salah satu daya tarik pariwisata juga bagi Jawa Barat dan Indonesia di mata dunia,” Dalam seni laga domba garut itu, akan dimeriahkan pula dengan kesenian kesenian khas Sunda.

Pewarta: Agus Hamdan
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Korban Akibat Perbaikan Jalan Yang Tidak Tuntas Di Kec; JAPARA Mengakibatkan Banyak Korban Kecelakaan

Kuningan, JMI - STOP Korban Kecelakaan Akibat jalan berlubang" Akibat perbaikan jalan yg tidak tuntas  Di Jalan Payong keca...