WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kelapa Bido Masuk Daftar Varietas Unggulan Nasional


Daruba, JURNALMEDIAIndonesia.com - Semua tumbuhan kelapa tentunya memiliki jenis yang sama di daerah manapun. Menanam saja, membutuhkan waktu yang lama untuk bisa di panen, ya kira-kira 10 - 12 tahun baru buahnya bisa di petik untuk dijual.

Tapi, beda dengan salah satu jenis tumbuhan kelapa yang ada di Desa Bido Kecamatan Morotai Utara. Namanya kelapa bido. Nama kelapa ini sama dengan nama desa tersebut ?, karena memang kelapa ini hanya bisa di temukan di Desa Bido. Kelebihan dari kelapa yang satu ini yaitu hanya lima tahun di tanam buahnya sudah bisa di panen. Lebih menarik lagi, tinggi pohon kelapa ini hanya 3 sampai 5 meter, sehingga praktis dan buahnya mudah di petik.

Dan kini, kelapa bido ini mulai masuk panggung promosi di tingkat nasional. Dikutip dari foto yang di posting Kepala Dinas Pertanian Pulau Morotai, Muslim Djumati, melalui akun Fecebooknya, kepala bido kini dimasuk dalam daftar varietas tanaman pertumbuhan tahun 2017 yang di akan di promosi ke tingkat nasional oleh Kementrian Pertanian RI.

"Hari ini akan diadakan sidang pelepasan kelapa bido untuk menjadi varietas unggulan nasional. Ini merupakan satu kebanggaan bagi kita di Kabupaten Pulau Morotai dan Provinsi Maluku Utara pada umumnya. Kami memohon dukungan sehingga sidang hari ini bisa berjalan lancar," ucap Muslim.
Namun, koran ini belum mengkonfirmasi lebih jauh mengenai hasil sidang tersebut. Nomor kepala dinas pertanian kab. P morotai Muslim juga tidak aktif saat di hubungi.

OJE/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Bawaslu Subang Sampaikan Imbauan Larangan Dalam Kampanye kepada seluruh paslon di pilkada serentak 2024

Subang, JMI - Bawaslu Subang sampaikan Imbauan Larangan Dalam Kampanye kepada Seluruh Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Ka...