WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Istana dan Kebun Raya Bogor Akan Sambut Lawatan Raja Salman

Raja Salman Bin AbdulAziz al-Saud
Jakarta, JURNALMEDIAIndonesia.com - Dalam lawatannya ke Indonesia pada 1-9 Maret nanti, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud diagendakan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor.

Selain membahas kerjasama bilateral antar kedua negara, Raja Salman diagendakan akan melakukan sejumlah aktivitas di sekitar kompleks Istana Bogor. Salah satu agenda yang dimaksud yakni penanaman pohon di salah satu area Istana.

"Melihat kesukaan Raja Salman akan nuansa hijau, akan diagendakan penanaman pohon di area Istana Bogor bersama Presiden Jokowi," ungkap Staf Protokoler Istana Bogor, Cecep Koswara.

Lebih jauh Cecep mengatakan belum mengetahui lokasi persis arean Istana Bogor yang akan digunakan untuk menanam pohon.

"Tempatnya masih belum tahu, kemungkinan antara di halaman Istana Bogor atau sekitar Kebun Raya Bogor, pasti juga akan ditemani beberapa pangeran," ungkapnya.

Cecep berharap selain mengunjungi Istana Bogor, Raja Salman juga menyempatkan diri untuk melihat keindahan Kebun Raya Bogor.

Seperti diketahui Kebun botani merupakan tempat penelitian dan konservasi seluas 87 hektar dengan koleksi mencapai 15 ribu tanaman.

Menanggapi hal ini, Pengawas Pelayanan Jasa Kebun Raya Bogor, Upun Punijar mengatakan hingga saat ini pihaknya belum menerima disposisi apakah Kebun Raya Bogor ditutup atau tidak untuk menyambut kedatangan Raja Salman.

"Informasinya ada beberapa rombongan, tapi dari pihak Kebun Raya Bogor belum menerima surat resmi untuk disposisi kebun raya. Tapi apapun nanti permintaan dari Istana Negara (tetap buka untuk umum atau tidak) kita siap, jelas kebanggaan untuk kami jika indahnya Kebun Raya Bogor terekspos ke Timur Tengah," ungkap Upun.

Selain bisa melihat beragam koleksi tanaman, Upun menyebut rombongan Raja Salman bisa mengunjungi sejumlah titik menarik seperti Danau Gunting, Pemakaman Belanda Kuno, Museum Zoologi, Taman Teijsman, dan Griya Anggrek.

"Ada beberapa tempat menarik seperti prasasti Georg Karl Reinardt, pendiri Kebun Raya Bogor di sekitar Danau Gunting serta Patung Tangan Tuhan dan Patung The Little Mermaid, disamping koleksi spesies yang diawerkan di museum Zoologi dan 500 spesies anggrek di Griya Anggrek yang berupa rumah kaca," ucapnya menambahkan.

Raja Salman dan rombongan diagendakan akan melakukan kunjungan ke Indonesia pada 1-9 Maret 2017 dengan sejumlah agenda kerjasama antara kedua negara. Sektor pariwisata menjadi salah satu poin kerjasama disamping sembilan kesepakatan di bidang lain.

cnn/evn/red
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

KPUD Subang Akan Menggelar Debat Publik Perdana 3 Paslon Pilkada Subang 2024 di Bale Dahana

Subang, JMI - Pelaksanaan Pilkada serentak menyisakan waktu sebulan. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Subang menya...