WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

500 Orang Satu Keluarga di Cina Foto Bersama

KAMIS, 09 FEBRUARI 2017 | 10:25 WIB
Keluarga Ren yang berasal dari kampung Shishe difoto dengan menggunakan kamera di pesawat terbang tanpa awak
China, JURNALMEDIAIndonesia.com - Satu keluarga di Cina menjadi berita karena berhasil mengumpulkan 500 anggota keluarga untuk berpose bersama dalam satu foto.

Keluarga Ren menggelar reuni di kampung Shishe, di Provinsi Zhejiang, pekan lalu pada musim liburan Tahun Baru Cina, yang biasanya merupakan waktu untuk keluarga besar berkumpul dan makan bersama.

Juru foto Zhang Liangzong mengabadikan foto itu dengan kamera di pesawat terbang tanpa awak di lembah bebatuan di dekat Sishe.

Kepada BBC, dia menjelaskan keluarga Ren -yang berasal dari kampung Sishe- bisa dilacak sampai 851 tahun lalu namun silsilah mereka tak diperbarui sejak lebih dari 80 tahun lalu.

Para tetua kampung kemudian berupaya untuk menelusuri kembali keturunan keluarga dan berhasil menemukan sedikitnya 2.000 orang yang berasal dari tujuh generasi.

Penyempurnaan silsilah keluarga tersebut dirayakan dengan reuni akbar yang dihadiri lebih dari 500 keturunan keluarga Ren yang antara lain datang dari Beijing, Shanghai, Xinjiang, dan Taiwan.

Memicu berbagai komentar.

Kepala kampung Shishe, Ren Tuanjie, mengatakan kepada kantor berita resmi Cina, Xinhua, bahwa reuni bertujuan untuk membuat agar keturunan mereka tidak melupakan akar asalnya.

Ren Tuanjie merupakan anggota keluarga dari generasi ke-26 dan namanya berarti ‘reuni’.

Walau foto bersama keluarga besar merupakah hal biasa di Cina, namun 500 anggota keluarga dalam satu foto merupakan hal istimewa sehingga foto mereka diterbitkan di beberapa media nasional, salah satunya berjudul, “Apakah anggota keluarga ini mengenal satu sama lainnya?”

Dan seperti biasa pula, muncul komentar-komentar bercanda di media sosial Weibo, “Bagaimana jika ada yang bertemu yang disukainya? Bisakah mereka menikah?”

Salah satu tradisi dalam Tahun Baru Cina adalah memberi angpau (amplop merah berisi uang) kepada anak-anak, yang membuat seorang pengguna Weibo berkomentar, “Ketika memberi angpau, barulah mereka mulai menangis.”
 (BBC)
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Bapenda Kab.Subang Gelar Peluncuran Gerakan Masyarakat: Program Gerakan Sadar Pajak, Mobil Layanan Keliling, dan Seleksi Duta Pajak Daerah

SUBANG, JMI - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Subang menggelar acara peluncuran Gerakan Masyarakat, Mahasiswa, dan ...