WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Garuda Didesak Menteri Rini Tambah Rute & Pesawat

RABU 05 OKTOBER 2016 | 10:47 WIB
Garuda Indonesia
Jakarta, JURNALMEDIAIndonesia.com - Kementerian BUMN (Ba­dan Usaha Milik Negara) terus mendorong maskapai pelat mer­ah PT Garuda Indonesia (Per­sero) Tbk untuk lebih agresif di industri penerbangan domestik dan internasional. Salah satu langkah yang bisa ditempuh, yakni dengan memperkuat jar­ingan penerbangan dengan me­nambah jumlah armada dan rute penerbangan.

"Tadi ada arahan dari Bu Men­teri untuk Garuda Indonesia bisa lebih agresif dari yang saat ini. Ini yang nanti akan kita tidak lanjuti dan mulai berhitung," kata Direk­tur Utama Garuda Indonesia M Arif Wibowo usai menemui Men­teri BUMN Rini Soemarno di kantornya, Jakarta, kemarin.

Menurut Arif, saat ini pangsa pasar Garuda Indonesia untuk penerbangan domestik sekitar 40 persen, sedangkan untuk pasar internasional masih 28 persen. Menteri Rini, dikatakan Arif, mengharapkan Garuda Indo­nesia bisa mengusai 50 persen pasar penerbangan domestik.

Untuk memperkuat itu, Arif mengaku akan memfokuskan pengembangan pesawat-pesawat berbadan kecil (narrow body) seperti Airbus 320, Boeing 737 dan ATR.

Selain untuk meningkatkan konektivitas antar kota di Indo­nesia, pembukaan rute di wilayah terpencil juga akan menjadi fokus pengembangan Garuda.

Arif mengaku, saat ini Garuda Indonesia sudah melakukan pemesanan 50 pesawat Boeing 737 MAX 8 yang mulai datang ke Indonesia pada 2017. Pesawat ini direncanakan untuk pening­katan bisnis perusahaan.

"Menurut Bu Menteri jumlah itu masih kurang. Jadi harus pesan lebih banyak lagi untuk mengejar market share yang 50 persen tadi," ungkap Arif.

Arif menjelaskan, perseroan juga tengah menegosiasikan rencana pembukaan rute baru ke Amerika Serikat yang akan tran­sit lebih dulu ke Jepang melalui Bandara Haneda atau Narita.

Arif bilang, pihaknya akan bertemu dengan Duta Besar Jepang agar Indonesia diberikan hak terbang dari Negeri Sakura tersebut. Hal ini seiring dengan diberikannya fifth freedom traf­fic right bagi maskapai pelat merah, yang berarti memung­kinkan bagi Garuda Indonesia untuk menambah isian penump­ang sebelum terbang menuju Negeri Paman Sam.

"Menurut perhitungan kita minimal 3 kali seminggu ke Amerika Serikat. Tujuan utama Amerika yang kita pertimbang­kan adalah Los Angeles," ung­kap Arif.

Namun, jika pemerintah Jepang tidak memberikan hak tersebut, kata Arif, maka pihaknya akan mempertimbang­kan Shanghai sebagai opsi pen­erbangan dari Amerika Serikat.

"Lebih bagus mana? Ya, Jepang karena yield-nya tinggi. Namun, secara volume penump­ang kita bisa cover dua-duanya," imbuhnya.

Di sisi lain, untuk bisa terbang ke AS, pihaknya juga harus memenuhi standar keamanan dan keselamatan penerangan Indonesia oleh The Federal Aviation Administration (FAA) regulations 129.

"Kami memang sudah masuk kategori 1, namun tetap harus ikut FAAR129. Semacam kita harus comply terhadap regulasi negara setempat," tandasnya.
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung

Lampung Timur, JMI - Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung. Sekedar info :  Belajar hukum ...