WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Tokoh Pers Nasional Herawati Diah Meninggal Dunia

JUMAT, 30 SEPTEMBER 2016 |15:05 WIB
Tokoh Pers Nasional Herawati Diah
Jakarta, JURNALMEDIAIndonesia.com - Wartawan senior Herawati Diah hari ini tutup usia. Diah meninggal di Rumah Sakit Medistra, Jakarta, pukul 04.10 pagi tadi. “Beliau menderita sakit komplikasi,” kata kerabat dekat almarhumah, Basuki, saat dihubungi Tempo, Jumat, 30 September 2016.

Diah adalah istri seorang tokoh pers yang juga mantan Menteri Penerangan Republik Indonesia Burhanuddin Mohammad Diah. Ia lahir pada 3 April 1917 dan mengembuskan napas terakhir di usia 99 tahun. Basuki menuturkan saat ini jenazah Diah telah disemayamkan di rumah duka di Jalan Patra Kuningan 9 Nomor 10, Jakarta Selatan.

Belum ada informasi terkait dengan waktu pemakaman jenazah almarhumah. Namun Basuki mengatakan jenazah akan dimakamkan setelah para kerabat berkumpul. Ia pun mengaku saat ini pihak keluarga masih menunggu para cucu almarhumah yang masih berada di bandara.

Sebelum meninggal, Diah sempat dirawat di Rumah Sakit Medistra selama sekitar satu bulan. Teman-temannya menggambarkan Diah sebagai pribadi yang cerdas, sangat santun, dan sabar.

Semasa hidupnya, Diah mendirikan Gerakan Perempuan Sadar Pemilu pada 1998. Tujuannya untuk memberikan pendidikan politik kepada perempuan untuk menggunakan hak pilih sesuai hari nurani. Namun akhirnya gerakan itu diubah menjadi Gerakan Pemberdayaan Swara Perempuan.

D A N A N G  F I R M A N T O
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung

Lampung Timur, JMI - Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung. Sekedar info :  Belajar hukum ...