WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Ribuan Buruh Berunjuk Rasa Serentak di Sejumlah Wilayah

KAMIS, 29 SEPTEMBER 2016 | 10:25 WIB
Unjuk Rasa Ribuan Buruh di Tangerang
Jakarta, JURNALMEDIAIndonesia.com - Ribuan buruh yang tergabung dalan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dari Jabodetabek akan berunjuk rasa di beberapa titik di Jakarta pada Kamis, 29 September 2016. Para buruh akan menyampaikan aspirasinya di depan gedung Mahkamah Konstitusi, Balai Kota DKI Jakarta, Mahkamah Agung, Komisi Pemberantasan Korupsi dan Istana Negara.

Tujuan aksi mereka adalah mendesak pemerintah menaikkan upah minimum tahun depan sebesar Rp 650 ribu. Aksi ini juga diklaim akan digelar serentak di 20 provinsi.

Beberapa provinsi yang sudah mengkonfirmasi turut melakukan aksi besar-besaran antara lain DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau/Batam, Lampung, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Sumatera Selatan.

"Berbeda dengan di Jakarta, di daerah-daerah unjuk rasa massa akan dipusatkan di Kantor Gubernur masing-masing Propinsi," seperti dikutip dari laman kspi.or.id, Kamis, 29 September 2016.

Juru bicara Polda Metro Jaya Komisaris Besar Awi Setiyono mengatakan, para buruh asal Jabodetabek sudah membagi massa mereka di beberapa titik. Untuk tujuan aksi Balai Kota DKI Jakarta, kata Awi, massa akan berkumpul mulai pukul 08.00 WIB di Bundaran Pajak KIP Cakung sebelum berangkat bersama ke tujuan.

"Di Balai Kota mereka akan bergabung dengan massa lainnya hingga pukul 11.00 WIB," katanya.

Dari Balai Kota, diperkirakan mereka akan bergerak menuju Mahkamah Agung. Kemudian Gedung KPK dan Istana Merdeka hingga sekitar pukul 15.00 WIB. Mereka menuntut pencabutan PP No. 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan dan meminta kenaikan UMP/UMK tahun 2017 sebesar Rp 650 ribu, serta menolak UU Tax Amnesty.

Terkait kemungkinan terjadinya kepadatan arus lalu lintas di jalur yang akan dilalui massa aksi, polisi juga telah menyiapkan sejumlah antisipasi berupa pengalihan dan rekayasa arus. "Kami imbau pada masyarakat untukmengikuti petunjuk dan arahan polisi lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatana arus dijalan," kata Awi.

I N G E  K L A R A
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung

Lampung Timur, JMI - Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung. Sekedar info :  Belajar hukum ...