WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

HUT TNI, Jenderal Gatot Ajak Ziarah Ke Makam Bung Karno Dan Jenderal Sudirman

RABU 28 SEPTEMBER 2016 | 09:46 WIB
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat berziarah ke makam Bung Karno
Blitar, JurnalMediaIndonesia.com - Setiap manusia Indonesia mengalir gen ksatria. Dari Sabang sampai Merauke semua suku mempunyai senjata dan bangsa inilah yang bisa mengusir penjajah dengan darah perjuangan sendiri.

Demikian disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat berziarah ke makam Bung Karno dalam rangka HUT TNI ke-71 di Blitar, Jawa Timur, Selasa (27/9).

Panglima TNI menjelaskan bahwa, ziarah ini merupakan wujud penghormatan kepada panglima tertinggi. Karena secara UU, Presiden RI adalah penguasa terhadap Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.

"TNI beserta angkatan telah mengadakan rapat staf, memutuskan bahwa perlu adanya ziarah rombongan kepada mantan-mantan panglima tertinggi atau presiden, yaitu kepada makam Bung Karno, Gus Dur, Pak Soeharto dan Panglima pertama Jenderal Sudirman," ujar Gatot sebagaimana rilis dari Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Inf Bedali Harefa yang diterima redaksi, Rabu (28/9).

Gatot juga mengatakan, para pendahulu bangsa ini hanya menghantarkan ke depan pintu gerbang, namun yang masuk dan mengisi pembangunan adalah generasi muda dengan perjuangan yang masih panjang. Karenanya jangan lupakan serta selalu waspada.

"Bung Karno mengatakan bahwa perjuangan saya tidak begitu sulit karena hanya mengusir penjajah, tapi perjuanganmu nanti lebih sulit karena akan melawan bangsamu sendiri," kutip Gatot.

Lebih lanjut ia mengingatkan, Indonesia merupakan negara besar yang telah meninggalkan pesan positif melalui sejarah pendahulunya dalam menghadapi potensi ancaman, gangguan dan hambatan serta memelihara kemerdekaan.

"Agar generasi muda tidak lupa sejarah, bisa mencontoh bagaimana bentuk perjuangan, gelora, semangat pantang menyerah, berjuang dengan tulus ikhlas dan berani sehingga bangsa ini bisa merdeka,” tegas Panglima TNI.

Gatot berharap tradisi ziarah ini rutin digelar setipa tahun, bukan hanya saat dirinya menjabat Panglima TNI, namun juga diikuti para pengganti kelak.
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Purnawiran Polri Sekabupaten Grobogan Siap Dukung Dan Menangkan Bambang Catur Dalam Kontestasi Pilkada 2024

GROBOGAN, JMI - pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Grobogan dr.H,Bambang Pujiyanto M,Kes bersama H,Catur Sugeng Susanto SH,M...