WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Capreskan Jokowi, Elektabilitas Golkar Naik

SELASA, 13 SEPTEMBER 2016 | 14:22 WIB
Ilustrasi foto Jokowi

Jakarta, Jurnalmediaindonesia.com  - Golkar telah mendeklarasikan dukungannya terhadap Joko Widodo untuk Pilpres 2019. Strategi Golkar ini ternyata mampu meningkatkan elektabilitas partai berlambang pohon beringin tersebut.

"Yang menarik Golkar, bahwa terjadi peningkatan elektabilitas yang paling tinggi dibandingkan dengan partai-partai lain. Jika saat itu diadakan pemilu legislatif suara Golkar mencapai 14.1 persen. Naik dari hasil survei sebelumnya pada Oktober 2015 yang hanya mencapai 11,4 persen,"ujar Direktur Eksekutif CSIS Philip Vermonte kepada wartawan di Auditorium CSIS, Jalan Tanah Abang III, Jakarta Pusat, Selasa (13/9/2016).

"Entah siapa aktor di balik strategi ini tapi memang menarik, karena Jokowi menjadi figur yang paling kuat ketokohannya sampai saat ini, "sambung dia.

Rilis hasil survei ini bertajuk "Seberapa optimiskah publik terhadap kinerja, pogram dan kebijakan Jokowi-Jusuf Kalla pada tahun kedua?". Rilis ini menghadirkan beberapa pembicara yaitu Ahmad Basarah (PDI Perjuangan), Nurul Arifin (Golkar), Philips J Vermonte (Direktur Eksekutif CSIS) dan Vidhyandika Perkasa (Ketua Departemen Politik dan Hubungan International CSIS).

Survei dilakukan pada tanggal 8-15 Agustus 2016 dengan 1.000 responden secara acak (random sampling) dari 34 provinsi di Indonesia. Responden adalah masyarakat Indonesia yang sudah memiliki hak pilih. Margin of error dari survei ini sebesar 3,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Philip menambahkan, elektabilitas PDIP sebagai partai pengusung utama Jokowi juga mengalami kenaikan. Hal ini berbanding lurus dengan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi di tahun keduanya.

"PDIP juga mengalami peningkatan, dari 32,0 persen menjadi 34,6 persen. Ini juga tak lepas dari sosok Jokowi, " jelasnya.

Sementara politisi partai Golkar Nurul Arifin menjelaskan, apa yang diputuskan oleh partainya untuk mendeklarasikan dukungannya terhadap Jokowi secara cepat adalah ide ketua umum mereka, Setya Novanto.

"Ini ide brilian Pak Setya Novanto. Beliau melihat marwah Golkar adalah dekat dengan pemerintahan. Pak Jokowi adalah sosok yang memang masih dicintai masyarakat, " kata Nurul.

"Ketika kami berkeliling di 34 provinsi, sambutan terhadap Jokowi masih cukup mengesankan. Jadi saya juga mengapresiasi hasil survei dari CSIS ini" imbuh Nurul yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Media dan Pembangunan Opini partai Golkar itu.

Berikut hasil lengkap hasil survei tingkat elektabilitas partai yang dilakukan CSIS. Perbandingan hasil survei CSIS Oktober tahun 2015 dengan Agustus 2016:

PDIP : 32,0 persen menjadi 34,6 persenGerindra : 17,3 persen menjadi 14,3 persenGolkar : 11,4 persen menjadi 14,1 persenDemokrat: 6,6 persen menjadi 9,0 persenPKS: 2,0 persen menjadi 4.0 persen PPP : 1,9 persen menjadi 2,2 persen Nasdem : 3.0 persen menjadi 3,1 persenPAN: 1,9 persen menjadi 1,5 persenPerindo: 0,8 persen menjadi 1 persenHanura: 0,8 persen menjadi 0,6 persen PBB: 0,5 persen menjadi 0,2 persen
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung

Lampung Timur, JMI - Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung. Sekedar info :  Belajar hukum ...