WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Program DD di Desa Ratawangi Berjalan Sesuai Julak dan Juknis

JUMAT 26 AGUSTUS 2016 | 11:07 WIB
Kepala Desa Ratawangi H. Tarsono diapit warganya ketika mengunjungi pengerjaan Rabat Beton

Ciamis, Jurnalmediaindonesia.com – Melalui program Dana Desa (DD) pemerintah berupaya untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat, seperti halnya program DD tahun 2016 yang telah direalisasikan di setiap desa, salah satunya Desa Ratawangi, Kecamatan Banjar Sari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, berjalan sesuai JULAK dan JUKNIS.

Semenjak diterimanya DD, sejumlah sarana dan prasarana serta infrastruktur seperti, pembangunan Rabat Beton Jalan Desa Cangkring dan pembangunan yang telah selesai dikerjakan. Tahun ini ,DD Desa Ratawangi di alokasikan di 8 titik kegiatan, antara lain 1. Rabat Beton Jalan Desa Cangkring 4x1,300 M. 2. Rabat Beton Jalan Tuban 2,3x200 M. 3. Tembok Penahan Tanah (TPT) 1,2x(0,2x0,3)X480 M. 5. Perbaikan Saluran Irigasi Kedungmalang 1 Kegiatan. 6. Pembentukan BUMDes 1 Kegiatan. 7. Pelatihan Pengurus BUMDes 1 Kegiatan.

Menurut penjelasan Kepala Desa Ratawangi H. Tarsono kepada Koran JMI di ruang kerjanya (20/8) yang di damping oleh staff di antaranya, Ketua Tim Penggerak Kegiatan (TPK) Nuryana, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Tarsiun,  Bendahara Desa Sidik Irawan, dan Seketaris Desa Sulur.

 Ia menuturkan, peran seorang kepala desa seperti saya ini, tidak akan berarti apa-apa tanpa dukungan warganya, demikian juga dalam proses pembangunan akan cepat berhasil dan sesuai harapan bila mengacu pada dasar pembangunan berdaya guna atau tepat guna pun disertai perencanaan kerja yang matang, pasti nya program seperti ini membutuhkan peran serta masyarakat, untuk memulai tahap persiapan itu semua oleh H.Tarsono Kades Ratawangi sudah ditempuh, di evaluasi, dan di sosialisasikan terlebih dahulu supaya mampu mendapatkan hasil yang maksimal.

Kades menjelaskan dari total anggaran yang di terima sebesar Rp 686. 123. 000, dana tersebut direalisasikan sesuai dengan program, namun tim penggerak kegiatan, Nuryana menambahkan. “Program DD di Desa Ratawangi untuk pembangunan infrastruktur telah direalisasikan sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan teknis (JULAK dan JUKNIS) yang ada karena saya selaku ketua TPK tidak mau hasil pembangunannya mengecewakan masyarakat.” Ucapnya.

Upaya JMI mencari tahu kinerja Kades Ratawagi, kepada warganya,  menurut pengakuan dan penilaian beberapa warga masyarakat Desa Ratawangi ini, selama di bawah kepemimpinan beliau sebagai Kepala Desa memang dirinya sudah banyak malang melintang di organisasi dan syarat dengan bebagai pengalaman, oleh karena itu sepatutnya lah kini ia membawa Desa Ratawangi ke arah yang lebih maju dan bisa menjajarkan diri dengan desa lain.

Hal yang sama ini juga disampaikan oleh tokoh masyarakat yang tidak ingin namanya di korankan,  H Tarsono juga merupaka figur pemimpin bijak, besahaja, amanah, dan loyalitasnya cukup tinggi dengan warganya, secara serempak warga pun mengamini. Ia mengapresiasi dan memberikan motivasi kepada H.Tarsono selaku kades ratawangi.

“Jujur kami merasa optimis dan menaruh harapan penuh padanya karena menurut penilaian kami Desa Ratawangi butuh pemimpin yang ‘GESTUR’ dan pembawaannya seperti beliau, namun demikian kalau bisa di sarankan segala bentuk urusan dan tatanan yang berkaitan dengan birokasi, alangkah lebih bijaknya bila selalu berkoordinasi, selain dengan pihak terkait, terlebih dengan Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) yang ada di kecamatan banjarsari supaya hasilnya bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.” Tuturnya

"Lebih lanjut dirinya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Ratawangi beserta jajarannya yang telah merealisasikan DD dengan tepat sasaran dan transparan kepada semua pihak hingga sedikitpun tidak diragukan adanya tindak Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN). Dengan keterbukaan dan keberhasilannya di harapkan kepada Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten, dan Pihak terkait lainnya, tidak sungkan untuk menggelontorkan DD kembali di anggaran tahun mendatang supaya pembangunan infrastruktur di Desa Ratawangi bisa merata." Pungkasnya.


Penulis : T Fauzi
Editor   : Habib Muhamad Furqon
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung

Lampung Timur, JMI - Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung. Sekedar info :  Belajar hukum ...