WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Di Bandung SMA Ini Punya Taman Keren dan Toilet Ramah Lingkungan

Rabu 27 April 2016 | 22:40 WIB

Foto: Dokumen Humas Pemkot Bandung © JMI 2016
Bandung, JMI - Walikota Bandung Ridwan Kamil meresmikan taman dan toilet ramah lingkungan di SMAN 20 Bandung, Rabu (27/4/2016). Menurutnya peningkatan fasilitas pendidikan itu instruksi Mendikbud agar siswa nyaman di sekolah.

"Menurut Pak Menteri, konsep sekolah harus seperti taman. Sekolah menjadi taman belajar. Jadi anak yang biasanya datang ke sekolah paling akhir pulang paling awal menjadi sebaliknya, datang paling awal pulang paling akhir, karena sekolahnya nyaman, jadi betah," ujar Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil, menggunakan Bahasa Sunda, menyesuaikan dengan program Rebo Nyunda hari ini.

Ada tiga taman yang dibangun di SMAN 20 yaitu Taman Gerbang Ilmu yang berada tepat di gerbang masuk sekolah, Taman Inspirasi yang terletak di tengah lingkungan sekolah, dan Taman Asri yang berada di luar gerbang mengelilingi komplek sekolah. Selain itu, dibangun pula toilet Ramah Lingkungan yang memiliki desain modern dan sehat.

"Seluruh toilet sekolah di Kota Bandung ini minimal standarnya harus seperti hotel bintang tiga," kata Emil.

Ia mengutip kata-kata Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahatir Mohammad bahwa peradaban sebuah bangsa bisa dilihat dari kondisi toilet umumnya. "Makanya, kalau saya mau cek sekolah, yang pertama saya lihat kondisi toiletnya. Kalau bagus, bersih, berarti manajemen sekolahnya sudah baik," ujarnya.

Menurutnya ia sependapat dengan Anies Baswedan yang menyatakan pendidikan bukan hanya menjadi tanggung jawab kepala sekolah dan guru. "Orang tua, komite sekolah, para camat, lurah, hingga ke RT RW harus ikut menyukseskan pendidikan," tandasnya.

Dalam waktu dekat, lanjut dia, ia akan meresmikan program pendidikan karakter Kota Bandung yang diberi nama Bandung Masagi. Sesuai dengan namanya, terdapat empat unsur pendidikan karakter yang diusung, yakni pendidikan agama, pendidikan bela negara, pendidikan cinta lingkungan dan kebersihan, serta pendidikan budaya. Keempat aspek tersebut dilaksanakan dalam program-program lainnya, seperti Magrib Mengaji untuk mendukung aspek agama, pendidikan Pancasila untuk mendukung aspek bela negara, program Gerakan Pungut Sampah untuk mendukung aspek pendidikan cinta lingkungan, dan Rebo Nyunda untuk mendukung aspek budaya.

"Anak-anak di Kota Bandung tidak cuma cerdas secara intelektual tetapi juga memiliki budi pekerti yang baik," harapnya.

(aceng/dtk/red)

Editor : Nur Subadri
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung

Lampung Timur, JMI - Yoba Noviardo/Wakil Sekretaris I DPD Perkumpulan LSM RI-I Provinsi Lampung. Sekedar info :  Belajar hukum ...