WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Perut Balita Lisa Terus Membesar karena Cacing

Polewali Mandar, JMI - Kasih Lisa (3), bocah asal Dusun Tanjung, Kelurahan Takatidung, Polewali Mandar, terlihat kehilangan semangat dan tak bergairah untuk bermain.

Sejak sebulan terakhir terus membesar, sementara badannya kian kurus. Bocah ini pun harus dilarikan ke rumah sakit karena kondisinya itu.

Menurut nenek Baha (70) --yang selama ini merawat Lisa, awalnya dia membawa cucunya berobat ke Puskesmas Pekkabata, namun karena tak kunjung membaik, cucunya dibawa ke RSUD Polewali Mandar.

"Besar perutnya pak, dokter bilang cacingan," tutur nenek yang kurang fasih berbahasa Indonesia ini.

Dokter yang menangani Lisa sejak lima hari dirawat di RS, mendiagnosa Lisa menderita cacingan dan gizi buruk, dengan komplikasi sejumlah penyakit lain seperti batuk-batuk dan demam tinggi.

Diagnosa dokter ini diperkuat oleh hasil USG yang menunjukkan adanya kawanan cacing yang tumbuh dan berkembang di dalam perut Lisa.

Dr. Angkutikning menduga, kebiasaan Lisa bermain di tempat kotor dan mengonsumsi makanan yang tidak higienis menjadi salah satu pemicu utama Lisa menderita cacingan.

Perutnya terus membesar lantaran dipenuhi kawanan cacing, sementara zat-zat makan yang dikonsumsi Lisa habis terserap oleh kawanan cacing itu.

"Anak-anak kan suka bermain, terkadang mereka habis bermain, langsung makan tidak cuci tangan. Terus faktor yang lain juga, seperti sanitasi yang kurang sehat. Mengingat rumah pasien berada dekat dari pinggir laut," tambah Angkutikning.

Sejak Lisa lahir ia tumbuh dan dibesarkan di tangan Baha (70). Kedua orangtuanya bercerai sejak Lisa berusia lima bulan. Ibunya merantau ke Malaysia, sedang ayahnya yang sebelumnya bekerja sebagai sopir angkot, hingga kini menghilang entah ke mana.

Sang nenek yang tak punya penghasilan apa-apa ini hanya berharap pada bantuan para tetangga.

Lisa dirawat dengan mengandalkan layanan kartu BPJS. Hingga kini, Lisa masih dirawat di RSUD Polewali Mandar.
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Semangat Warga Desa Ketro Dalam Prioritas Memenangkan Bambang Catur Dipilkada Grobogan 2024

GROBOGAN, JMI - calon Wakil Bupati Grobogan Periode 2024-2029 H.Catur Sugeng Susanto,SH.MH.M.S.C mendapat dukungan prioritas dar...