WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Jaksa Agung Dihujani Kritik

HM Prasetyo

JAKARTA, JMI - Kemarin, Jaksa Agung HM Prasetyo menggelar rapat kerja dengan Komisi III DPR. Agendanya evaluasi kinerja selama 2015 serta membahas kasus-kasus yang sedang ditangani oleh Kejaksaan Agung. Pada kenyataannya, fokus bahasan rapat soal kasus pemufakatan jahat 'Papa Minta Saham' yang diduga melibatkan mantan Ketua DPR Setya Novanto dan pengusaha minyak Riza Chalid. Rapat dipimpin langsung Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin dengan didampingi Wakil Ketua Komisi III DPR Benny K Harman.

Kasus Papa Minta Saham masih menjadi sorotan publik. Apalagi Jaksa Agung Prasetyo selama ini ngotot mengusut kasus ini dari sisi pidana yang disebutnya pemufakatan jahat. Sejumlah saksi dipanggil, mulai dari Menteri ESDM Sudirman Said, mantan Dirut PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin, hingga sekretaris pribadi Setya Novanto. Namun Kejaksaan Agung belum memanggil Setya Novanto dan Riza Chalid yang dianggap punya peran penting untuk mengungkap tabir kasus ini.

Oleh beberapa politisi, langkah Jaksa Agung dicibir. Mereka menuding pengusutan kasus ini kental dengan unsur politis. Rekam jejak Prasetyo sebagai bekas politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) juga ikut disinggung. Berulang kali Jaksa Agung menepis semua tudingan soal politisasi kasus Papa Minta Saham. Termasuk saat rapat dengan Komisi III DPR kemarin.

"Enggak ada kepentingan politik. Saya bukan politikus, saya penegak hukum. Kalau ada yang menduga begitu silakan saja lah," kata Prasetyo di sela-sela mengikuti rapat dengan Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (19/1).

Dia kembali menegaskan sikapnya melanjutkan pengusutan kasus ini. Prasetyo ngotot menghadirkan Setya Novanto. Sebaliknya, dia mengaku kesulitan menghadirkan Riza Chalid karena keberadaannya tidak terlacak. Tak pelak, Jaksa Agung dihujani kritik politisi DPR. Merdeka.com mencatat beberapa serangan DPR yang mengarah ke Jaksa Agung.
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Rapat Paripurna DPRD Subang Tetapkan Dua Raperda Tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Penyusunan Produk Hukum

Subang, JMI - Penjabat (Pj.) Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.cd Menghadiri Rapat Paripurna DPRD  yang bertempat di Ruan...